Indonesia Olympic Commitee - Pancalomba Modern

Pancalomba Modern

Informasi

Modern pentathlon pertama kali diperkenalkan oleh Baron de Coubertin pada Olimpiade 1912 di Stockholm, yang terdiri dari menembak dengan pistol, anggar, renang, berkuda, dan lari. De Coubertin yakin olahraga ini akan menguji "kualitas moral seorang atlet begitu juga dengan kemampuan fisik dan skill, dengan demikian menghasilkan sosok atlet yang paripurna."

Dari tahun 1912 hingga 1980, modern pentathlon di Olimpiade diselenggarakan dalam lima hari dengan satu nomor per hari. Sekarang, cabang olahraga ini digelar dalam satu hari. Para atlet mencetak angka dalam tiga nomor pertama, yang akan menentukan posisi start mereka untuk final nomor kombinasi, yang terdiri dari menembak dan lari. Atlet yang melewati garis finis pertama kali akan menjadi juaranya. Perubahan format ini membantu penonton untuk memahami dan merasa terhubung dengan olahraga ini, yang membuat modern pentathlon semakin menarik untuk ditonton.

Pada gelaran perdana Youth Olympic Games tahun 2010 di Singapura, para atlet menggunakan pistol laser dan bukan lagi peluru pelet dalam event kombinasi untuk pertama kalinya dalam sebuah kompetisi resmi di tingkat internasional. Pistol laser digunakan dengan alasan keselamatan dan juga untuk mengurangi dampak lingkungan akibat penggunaan peluru timah. Pistol laser kemudian digunakan secara resmi pada Olimpiade 2012 di London.

Nomor Kompetisi

  • Kompetisi perorangan (putra, putri)

Berita Modern Pentathlon

Modern Pentathlon Indonesia website

International Modern Pentathlon Federation website

Sistem Kualifikasi Paris 2024

Pancalomba Modern

Technical Handbook

2022 Asian Games Hangzhou