Berita Olimpiade Indonesia
Dewan Eksekutif IOC setujui kriteria kualifikasi, jadwal untuk Paris 2024
 05 Apr 2022
Penulis : Tim NOC
IOC EB approves Paris 2024 qualification criteria and session schedule - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Dewan Eksekutif dari International Olympic Committee (IOC) pada Jumat (1/4) menyetujui kriteria kualifikasi dan jadwal kompetisi untuk Paris 2024 sembari menunggu kepastian kelas-kelas dan format kompetisi dari beberapa cabang olahraga.

Sistem kualifikasi yang disetujui oleh Dewan Eksekutif IOC untuk 32 cabang olahraga tersebut, menggambarkan bagaimana atlet-atlet dan National Olympic Committees (NOCs) dapat lolos ke Paris 2024.

Kriteria untuk semua event akan diumumkan dalam jangka waktu beberapa minggu ke depan dan dapat dilihat di situs resmi IOC. Sistem kualifikasi menjelaskan jalur kualifkasi bagi atlet dan tim, serta kriteria minimum bagi atlet-atlet untuk dianggap memenuhi syarat.

Dewan Eksekutif IOC juga menyetujui jadwal kompetisi, yang menunjukkan ambisi dan semangat dari Paris 2024 dalam menyuguhkan kompetisi yang spektakuler. Jadwal tersebut menjadi kerangka kunci sekaligus memberi informasi dimulai dan berakhirnya setiap sesi. Sebagai catatan, dengan jadwal yang telah disetujui maka tiap atlet bisa menghadiri setidaknya satu Olympic Ceremonies.

Secara keseluruhan, 32 cabang olahraga akan dipertandingkan selama 19 hari mulai dari 24 Juli (dua hari sebelum Upacara Pembukaan) hingga 11 Agustus, dengan 329 event medali dan 762 event. Paris 2024 kini akan memasukkan event-event secara mendetil ke tiap cabang olahraga, dengan fokus kepada pengalaman atlet, jumlah penonton internasional, dan kesetaraan gender.

Dewan Eksekutif IOC juga menyetujui format kompetisi untuk cabang olahraga menembak dan kelas-kelas untuk cabang olahraga tinju dan angkat besi. Informasi-informasi tersebut dapat diakses di tautan berikut.

Cabang olahraga tinju terdiri dari tujuh kelas untuk putra dan enam kelas untuk putri, dan untuk pertama kalinya dalam sejarah jumlah atlet putra dan putri adalah sama.

Seperti di Tokyo 2020, event angkat besi juga akan memiliki jumlah atlet yang sama untuk putra dan putri, dengan masing-masing lima kelas untuk putra dan putri.

Sumber: IOC dan Paris 2024.