Berita Komite Olimpiade Indonesia
Gelorakan Olympic Values, Komisi Sport for All NOC Indonesia x Yayasan Jantung Indonesia Gelar Senam Jantung Sehat
 26 Mar 2022
Penulis : Tim NOC
NOC Indonesia Collaborate with Heart Foundation to Promote Olympic Values - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Komisi Sport For All Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) bekerja sama dengan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) menggelar Senam Jantung Sehat di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Sabtu (26/03) pagi. Kegiatan ini menjadi gebrakan awal Komisi Sport for All dalam menggelorakan Olympic Values pada 2022.
 
Anggota Komisi Sport for All NOC Indonesia Linda Wahyudi menjelaskan tahun ini pihaknya memiliki beberapa program untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Cara ini yang akan dipakai untuk menyebarkan nilai-nilai Olimpiade, yakni excellence (tampil unggul), friendship (persahabatan), dan respect (saling menghargai).
 
“Kami bekerja sama dengan YJI mengadakan Senam Jantung Sehat.  Melalui kegiatan ini, Komisi Sport for All ingin mendekatkan diri ke masyarakat untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahragasesuai dengan fokus kami di 2022,” kata Linda, Sabtu (26/03).
 
Senam Jantung Sehat yang juga dilakukan bersama Alumni SMA Jakarta Bersatu ini diikuti 150 peserta. Selain senam, masyarakat yang hadir juga mendapat pemeriksaan gratis untuk gula darah, kolestrol, dan asam urat.
 
Linda  gembira dengan antusias para peserta Senam Jantung Sehat. Sebab, semua yang berpartisipasi menunjukkan semangat luar biasa ketika berolahraga. 
 
“Ini menjadi bukti bahwa olahraga milik seluruh lapisan masyarakat, tua dan muda. Ketika berolahraga, kita tak sekadar mendapat sehat tetapi juga dapat menanamkan hal-hal positif,” ujar Linda.
 
“Ke depan, kami juga berencana untuk mendekatkan diri ke seluruh lapisan masyarakat, termasuk komunitas hingga anak-anak dengan mengadakan beberapa program lain. Semoga kami juga dapat menjangkau sekolah-sekolah sehingga misi menanamkan nilai-nilai Olimpiade sampai ke grassroots dapat tercapai.”

Sementara, Ketua Umum YJI Esti Nurjadin menjelaskan senam jantung sehat adalah salah satu pilihan olahraga  populer yang dipilih masyarakat untuk menjaga kesehatan jantung. Terlebih, gerakan-gerakan yang disusun memang bertujuan untuk memberikan manfaat pada jantung.
 
“Senam Jantung Sehat bertujuan untuk memperkuat otot jantung, mencegah kerusakan pada pembuluh arteri akibat kolesterol tinggi, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menjaga berat badan tetap terkendali, sesuai dengan salah satu visi dan misi Yayasan Jantung Indonesia yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan Penyakit Jantung dan  Pembuluh Darah melalui Panca Usaha  Jantung Sehat yakni dengan berolahraga secara teratur menjadi salah satu poin utamanya”, ujar Esti Nurjadin.