Berita Olimpiade Internasional
Islamic Solidarity Games 2021 Ditunda
 10 May 2021
Penulis : Tim NOC
5th Islamic Solidarity Games Postponed - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Naiknya kasus penyebaran Covid-19 di Turki membuat Federasi Olahraga Solidaritas Islam (ISSF) menunda Islamic Solidarity Games 2021 yang rencananya berlangsung di Konya, Turki, ke tahun 2022.

Keputusan ini diambil dalam pertemuan antara Dewan Eksekutif ISSF, yang dipimpin Pangeran Abdulaziz Bin Turki Al Faisal Al Saud, dan panitia penyelenggara yang dipimpin oleh ketua panitia, Dr. Mehmet Muharrem Kasaplogu, yang juga merupakan Menteri Pemuda dan Olahraga Turki.

Dalam surat bertanggal 3 Mei 2021, Sekretaris Jenderal ISSF Mohammed S. Al Garnas menjelaskan kedua pihak mendiskusikan berbagai masalah terakit penyelenggaraan Islamic Solidarity Games 2021 dan situasi terkini kesehatan dunia khususnya pandemi Covid-19. Mereka memutuskan untuk menunda penyelenggaraan ke 9-18 Agustus 2022 dengan harapan situasi kesehatan dunia sudah membaik dan stabil, dan seluruh negara telah menjalani program vaksinasi.

Islamic Solidarity Games pertama digelar di Mekah, Arab Saudi, pada 2005, namun gelaran kedua yang rencananya berlangsung di Iran dibatalkan. Palembang menjadi tuan rumah gelaran ketiga pada 2013, disusul oleh Baku, Azerbaijan, pada tahun 2017.