Berita Olimpiade Indonesia
Kondisi Eko Capai 90 Persen
 28 May 2021
Penulis : Tim NOC
Eko Almost Concludes His Preparation - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Kurang dua bulan menjelang Olimpiade Tokyo 2020, lifter Eko Yuli Irawan semakin mendekati target total angkatan yang diberikan oleh pelatihnya, Lukman.

Dalam latihan yang berlangsung Jumat (28/5) di Empire Fit Club, Jakarta, Eko bahkan sempat melakukan angkatan clean & jerk yang melebihi rekor dunia miliknya sendiri.

Setelah berlatih sekitar dua bulan dengan program yang diberikan, Lukman mengatakan kondisi Eko sudah mencapai di atas 90 persen dari yang diharapkan.

“Saat baru mulai, kondisinya sekitar 80 persen dan sekarang sudah hampir 95 persen dari target total Angkatan. Sekarang, Eko sudah memasuki tahap pra-kompetisi, bahkan kompetisi pada bulan ini hingga bulan depan. Jadi saya harapkan di akhir bulan Juli dia sudah mencapai target total angkatan yang akan menjadi modalnya bertanding di Olimpiade,” ujar Lukman.

Saat latihan, peraih medali perak Olimpiade 2016 ini terlihat fokus dan bersemangat. Eko mampu melakukan angkatan, baik snatch serta clean & jerk, dengan baik. Dia bahkan mampu melampaui rekor dunia clean & jerk miliknya dengan selisih yang cukup signifikan.

“Di snatch, kalau dia mau coba lebih pasti masih bisa karena masih ada tenaga. Tapi, Eko selalu hati-hati. Seperti di snatch, kalau feel-nya kurang, dia lebih memilih fokus di clean & jerk. Eko sudah tiga kali tampil di Olimpiade, jadi dia sudah sangat tahu apa yang harus dilakukan,” kata Lukman lagi.

Meski begitu, pelatih yang dipanggil pulang dari Thailand ini juga menyebutkan bahwa dirinya masih tetap mengingatkan anak asuhnya tentang hal-hal kecil dan sepele yang bisa mengakibatkan Eko gagal melakukan Angkatan maksimal, seperti posisi badan dan pengaturan nafas.

Eko akan turun di kelas 61kg dan saat ini berat badannya masih berada di angka 66kg. Lukman tidak terlalu khawatir dengan kemungkinan hilangnya tenaga yang mengiringi turunnya berat badan.

‘Ada pengaruh terhadap fisik tapi tidak terlalu besar asalkan didukung faktor psikologis. Eko harus dijaga jangan sampai cedera, karena itu kami terus menjaganya. Mentalnya juga harus dijaga agar dia memiliki keyakinan penuh dan siap bertanding di Olimpiade,” ucap Lukman menutup pembicaraan.