Berita Komite Olimpiade Indonesia
NOC Indonesia Ingin Bangun Pusat Kesehatan Olahraga
 12 Feb 2021
Penulis : Tim NOC
NOC Indonesia Wants to Build Sports Medicine Center - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Aspetar Orthopedic and Sports Medicine Hospital disebut sebagai fasilitas Kesehatan paling modern untuk rehabilitasi cedera olahraga, dan delegasi Komite Olimpiade Indonesia mendapat kesempatan berkunjung ke sana saat bertandang ke Doha, Qatar.

Delegasi Komite Olimpiade Indonesia berkunjung ke rumah sakit tersebut pada Kamis (11/2), dan diterima langsung oleh CEO Aspetar, Dr. Abdulaziz Al Kuwairi.

Aspetar adalah satu dari sedikit rumah sakit yang mendapatkan akreditasi dari Komite Olimpiade Internasional dan federasi sepakbola dunia, FIFA. Rumah sakit ini juga menjadi tujuan utama para pemain sepakbola dunia untuk pemulihan cedera. Bintang Borussia Dortmund, Erling Haaland, baru saja mengakhiri program rehabilitasi di Aspetar, Desember tahun lalu. Sederet bintang sepakbola dunia juga pernah menjalani rehabilitasi sana, termasuk bintang PSG, Kylian Mbappe.

Sekretaris Jenderal Ferry J. Kono mengatakan mereka mendapatkan pelajaran berharga dari kunjungan ke Aspetar karena fasilitas Kesehatan ini memberikan perawatan terbaik untuk atlet dari Qatar dan negara lain.

“Kami melihat bahwa fasilitas mereka terintegrasi sehingga jika menggunakan jasa mereka, kita tidak perlu ke tempat lain karena semua ada di satu tempat. Hal lain yang kami pelajari juga adalah mereka menaruh perhatian serius pada para atlet baik dari Qatar maupun dari luar Qatar, sehingga fasilitas ini dgunakan untuk pemulihan cedera para atlet,” kata Ferry.

Ferry juga mengatakan bahwa Komite Olimpiade Indonesia akan mempelajari kemungkinan untuk memiliki fasilitas Kesehatan terintegrasi di Indonesia, seperti yang dimiliki oleh Qatar.

“Kita perlu belajar untuk memuliakan atlet kita yang kita harapkan dapat berlaga di pertandingan internasional dan membela Merah-Putih. Kami tahu bahwa hal seperti ini bisa dilakukan di tanah air dan kami berharap fasilitas seperti ini bisa kita bangun mungkin saja dengan kerja sama antara NOC Indonesia dan Komite Olimpiade Qatar, serta Qatar Foundation, agar kita bisa memiliki fasilitas dan sarana-prasarana yang sama seperti yang ada di Qatar,” ujar Ferry.