Berita Olimpiade Indonesia
Okto Harap FHI Bisa Jadi Contoh
 24 May 2021
Penulis : Tim NOC
Okto Hopes FHI Proves a Lesson - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Komite Olimpiade Indonesia menyambut pengakuan yang diberikan kepada Federasi Hockey Indonesia (FHI) sebagai satu-satunya federasi hoki nasional di Indonesia.

FHI secara resmi diakui sebagai anggota federasi hoki internasional (FIH) dalam kongres FIH ke-47 yang berlangsung secara virtual, Sabtu (22/5).

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari mengatakan dirinya gembira akhirnya FHI mendapatkan haknya.

"FHI menjalani proses panjang untuk mendapat pengakuan sebagai federasi nasional, dan NOC Indonesia mendampingi mereka selama ini. Saya sangat gembira karena para pengurus FHI telah menunjukkan bahwa mereka bersikap proaktif dan siap berjuang untuk federasinya," ujar Okto, Senin (24/5).

Okto juga mengatkaan bahwa Komite Olimpiade Indonesia mengapresiasi kerja keras tak kenal lelah yang ditunjukkan pengurus FHI dalam mengembangkan prestasi olahraga hoki di Indonesia meski masih menghadapi masalah legalitas.

"Mereka tahu apa yang mereka lakukan dan selalu berkomunikasi dengan kami. Dengan sikap seperti itu, kami tidak menemukan hambatan untuk membantu FHI menyelesaikan masalah mereka. Apa yang terjadi pada FHI adalah contoh yang sangat baik untuk pemangku kepentingan olahraga nasional lainnya," kata OKto lagi.

"Saat ini masih ada beberapa federasi nasional yang menghadapi masalah serupa dengan FHI. Saya harap mereka bisa mengambil pelajaran dari FHI. Ini bukan hanya tentang pengakuan. Yang paling penting adalah membangun olahraga dan prestasi atlet daripada kita ribut sendiri di dalam negeri," kata Okto mengakhiri.