Berita Olimpiade Indonesia
Tersandung di Campuran, Tim Panahan Bidik Nomor Berikutnya
 24 Jul 2021
Penulis : Tim NOC
Mix team falls in quarters, eyes next event - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Tokyo, 24/7/2021 – Langkah duet Riau Ega Agatha dan Diananda Choirunisa di nomor beregu campuran terhenti setelah kalah dari Turki di babak perempatfinal yang berlangsung di Yumenoshima Final Field.

Indonesia kalah 6-2 dari Turki yang mengandalkan duet Yasemin Anagoz dan Mete Gazoz dan memupus impian untuk meraih medali.

Ega dan Anis sempat tampil meyakinkan di set pertama dan kedua. Tapi, mereka mulai mengalami kesulitan di set ketiga dan keempat. Angin kembali menjadi faktor penghambat Tim Indonesia.

“Tadi kami sudah mencoba semaksimal mungkin untuk menentukan arah angin, dan pada saat menembak sempat tidak ada angin. Tapi saat sudah melepas anak panah, angin bertiup di tengah, sehingga arahnya belok. Kami mau memperbaiki sudah ketinggalan cukup jauh. Semoga bisa tampi lebih baik lagi di nomor berikutnya,” ujar Ega usai pertandingan.

Evaluasi juga datang dari pelatih Lilies Handayani. Peraih medali perak Olimpiade Seoul 1988 ini mengatakan sebenarnya mereka optimis dan para atlet sudah melihat arah angin.

“Tapi ternyata masih kurang detil. Angin yang sekarang berbeda dari tiupan angin kemarin. Sebelumnya angin bukan dari tengah, tapi di target dan sisi. Sekarang, angin di tengah sementara di target tidak ada angin. Jadi kita terkecoh. Saat membidik tidak ada angin di target, tapi saat lepas muncul angin di tengah,” kata Lilies menjelaskan.

Kegagalan di nomor beregu tidak membuat tim panahan putus asa. Anis masih akan turun di nomor perorangan, sementara Ega akan tampil di nomor perorangan dan beregu.

“Untuk individual saya tetap optimis. Setelah ini, kami akan berlatih lagi agar bisa memperkecil kesalahan di nomor berikutnya. Solusinya, kami harus lebih teliti melihat arah angin, tidak hanya di target, tapi juga di tengah, antara pepanah dan target,” ujarnya.

Anis akan mengawali babak pertama nomor perorangan melawan atet Denmark Maja Jager pada Kamis (29/7), sementara Ega menghadapi David Barnes (Australia) dan Bagas Prastyadi melawan atlet Australia Taylor Worth pada hari yang sama. Sebelumnya, Arif Dwi Pangestu akan menghadapi Florian Unruh dari Jerman pada Selasa (27/7).