Berita Olimpiade Indonesia
Tim CdM Kunjungi Pelatnas Triathlon
 01 Apr 2022
Penulis : Tim NOC
CdM Team monitors Triathlon Training Camp - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Menyusul kunjungan ke pelatnas dari cabang olahraga panahan, renang, dan menembak, tim CdM Indonesia melanjutkan kegiatan mereka dengan meninjau persiapan dari tim Triathlon pada Jumat (1/4).

Bertempat di PIK II, Banten, para atlet Triathlon dan Duathlon melaksanakan try in yang beralngsung dari pukul 07.00 WIB. Bagi para atlet, try in ini merupakan proses persiapan terakhir yang akan mereka lakukan di dalam negeri sebelum nantinya bertolak ke Thailand untuk Training Camp (TC) selama satu bulan.

Hal tersebut disampaikan secara langsung oleh Ketua Umum Federasi Triathlon Indonesia (FTI), Joko Warsito kepada NOC Indonesia.

"Proses try-in merupakan persiapan terakhir kita di dalam negeri. Insyallah, setelah ini kita akan ke Thailand selama sekitar satu bulan untuk memperkuat persiapan sambil atlit-atlit kita beradaptasi dengan lingkungan yang belum mereka dapatkan di sini. Dimana di Thailand, akan ada atlet dari berbagai negara," ujar Joko.

Tidak hanya itu, Joko juga mengakui persiapan para atlet berjalan dengan baik, termasuk saat try in.

"[Hari ini] sesuai dengan ekspektasi dari coach, catatan waktu kita bagus, baik di duathlon dan triathlon. Insyaallah untuk persiapan hari H, mudah-mudahan kita sudah ok," tambahnya lagi.

Sedangkan Cluster Manager Tim CdM Indonesia, Cresida Mariska mengatakan akan menggunakan waktu yang tersisa dengan seefektif dan seefisien mungkin. Hal ini agar para atlet dapat fokus untuk bertanding dan tampil di performa puncak saat SEA Games nanti.

"Hari ini Tim Triathlon sudah melaksanakan try in yang sudah menjadi proses persiapan khusus, mengingat sudah tinggal sekitar 40 hari lagi menjelang keberangkatan ke SEA Games di bulan Mei. Sesuai dengan arahan CdM dan deputi, kita memanfaatkan sisa waktu yang ada secara efektif dan efisien, untuk mengantisipasi kendala-kendala yang ada nanti saat berada di Vietnam, sehingga tiap cabor bisa fokus dan perform dengan maksimal di Vietnam," ujar Cresida.

Ia pun menambahkan bahwa Tim CdM semakin bersemangat setelah menyaksikan secara langsung perjuangan para atlet dalam mempersiapkan diri menghadapi ajang multi-olahraga paling bergengsi se-Asia Tenggara nanti.

"Tentunya setelah kita melihat langsung proses latihan dan perjuangan para atlet, itu menambah semangat dan motivasi dari tim CdM untuk benar-benar mengatur strategi dan menyiapkan semua hal yang perlu disiapkan sebelum kontingen berangkat, termasuk untuk faktor non-teknis," tambah Cresida.

Selain pelatnas Triathlon, hari ini Tim CdM juga akan mengunjungi pelatnas dari cabang olahraga Wushu dan Atletik.