Berita Komite Olimpiade Indonesia
AFC Siap Bantu Pengembangan Sepakbola Nasional
 02 Jan 2021
Penulis : Tim NOC
AFC to Play Leading Role in Indonesia's Football Development - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Peningkatan prestasi sepakbola Indonesia menjadi salah satu hal yang dibawa delegasi Komite Olimpiade Indonesia saat menghadiri OCA General Assembly di Muscat, Oman, pada 16 Desember lalu.

Delegasi KOI yang dipimpin Ketua Umum Raja Sapta Oktohari bertemu dengan pengurus Qatar Football Association dan anggota FIFA Council untuk membicarakan pengembangan sepakbola Indonesia.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden QFA, Sheikh Hamad bin Khalifa bin Ahmad Al-Thani, dan Wakil Presiden Jenderal Saoud Al-Mohannadi, mengundang tim nasional senior Indonesia untuk hadir dalam FIFA 2020 Club World Cup di Doha, yang berlangsung pada 1-11 Febuari 2021.

“Selain itu, QFA juga mengundang timnas senior untuk mengunjungi fasilitas latihan milik Aspire dan Aspetar Academy. Kami tentunya berharap undangan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh PSSI,” kata Okto.

Selain itu, Okto juga melakukan pembicaraan dengan Al-Mohannadi dan Mariano Araneta sebagai anggota FIFA Council dari Konfederasi Sepakbola Asia. Dalam pembicaraan tersebut, kedua anggota FIFA itu memberi komitmennya bahwa AFC akan mengambil peran penting dalam pengembangan sepakbola Indonesia.

“Al-Mohannadi dan Araneta sepakat bahwa AFC akan memainkan peran penting dalam membangun sepakbola Indonesia melalui ASEAN Football Federation. Hal ini akan didiskusikan lebih lanjut lagi dengan mereka,” ujar Okto.

Okto juga diundang ke Doha, Qatar, untuk menyaksikan final Amir Cup 2020 pada 18 Desember di Stadion Ahmed bin Ali. Dalam kesempatan itu, Okto bertemu dengan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani, dan Presiden FIFA, Giovanni Infantino.