Berita Komite Olimpiada Asia
AIMAG ditunda hingga akhir 2024
 17 Nov 2023
Penulis : NOC Indonesia
AIMAG postponed until 2024 - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Olympic Council of Asia

Dewan Olimpiade Asia (OCA) resmi mengumumkan penundaan  6th Asian Indoor and Martial Arts Games di Bangkok dan Chonburi, Thailand. Multievent yanh semula dijadwalkan ulang pada Februari-Maret 2024 kini ditunda lagi hingga akhir tahun ini.

Dalam surat yang dikirim ke semua Komite Olimpiade Nasional (NOC) di Asia pada Kamis, 16 November, Pelaksana Tugas Presiden OCA Raja Randhir Singh, menginformasikan setelah melewati "diskusi panjang" dengan NOC Thailand dan Otoritas Olahraga Thailand, AIMAG ke-6 akan diadakan setelah Olimpiade Paris 2024.

Multievent  tersebut telah ditunda dari November tahun ini menjadi 24 Februari-6 Maret 2024 pada General Assembly OCA di Bangkok pada 8 Juli. Tanggal pasti AIMAG akan diumumkan nanti.

"Kami merasa NOC sedang mempersiapkan diri untuk Olimpiade di Paris dan akan sulit bagi NOC untuk mengalokasikan anggaran untuk AIMAG ke-6. Selain itu, sebagian besar atlet sudah berada di training camp untuk Olimpiade, dan akan sulit bagi mereka untuk berpartisipasi dalam AIMAG ke-6," ujar Randhir Singh.

Lebih lanjut, ia menambahkan: "Oleh karena itu disepakati bersama bahwa AIMAG ke-6 harus dijadwalkan ulang untuk diadakan setelah Olimpiade Paris. Ini juga akan memberikan kesempatan bagi Panitia Penyelenggara untuk mempersiapkan Permainan dengan lebih baik. Tanggal pasti akan ditetapkan oleh Dewan Eksekutif OCA dengan mempertimbangkan kalender olahraga internasional."

Olimpiade Paris akan diadakan dari 26 Juli hingga 11 Agustus 2024.

AIMAG 6 awalnya dijadwalkan berlangsung pada tahun 2021, empat tahun setelah AIMAG 5 di Ashgabat, Turkmenistan.