Berita Olimpiade Indonesia
AIMAG Ditunda Tahun Depan
 10 Jul 2023
Penulis : Team NOC
6th edition of AIMAG postponed to 2024 - Indonesia Olympic Commitee
Credit: 6th Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG) diundur hingga tahun depan.

JAKARTA (10/07/23) - Penyelenggaraan 6th Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG) yang dijadwalkan berlangsung pada November 2023 di Thailand diputuskan ditunda hingga tahun depan. Keputusan ini diambil di 42nd OCA General Assembly yang diselenggarakan akhir pekan lalu.

Penundaan AIMAG diajukan oleh Dato Seri Chaiyapak Siriwat, Wakil Presiden OCA untuk 6th AIMAG.

“Sebagai tuan rumah, kami juga mengajukan kepada OCA untuk bisa menunda AIMAG dari November 2023 ke 24 Februari - 6 Maret 2024. Ini dikarenakan adanya pemilihan umum yang akan diadakan di Thailand dan adanya pergantian pemerintah baru, yang dapat menyembabkan keterlambatan pendanaan,” kata Dato Seri.

Ini adalah kali ketiga AIMAG ditunda. Sejatinya, AIMAG edisi keenam digelar pada 21-30 Mei 2021. Namun, tidak bisas terlaksana karena pandemi covid-19 hingga  10-19 Maret 2022

Meski demikian, Komite Olimpiade Thailand kembali meminta penyelenggaraan AIMAG ditunda ke 17-26 November. Alasannya saat itu adalah dikarenakan situasi pandemi yang belum sepenuhnya terkendali.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari mengatakan penundaan ini diyakini dapat membuat persiapan para atlet lebih maksimal.

Okto, sapaan karib Raja Sapta, menjadi salah satu delegasi di OCA General Assembly. Okto hadir didampingi  Komite Eksekutif Harry Warganegara, Josephine Tampubolon, Antonius Adi Wirawan, Krisna Bayu, Hifni Hasan dan Wakil Sekretaris Jenderal Daniel Loy. Salah satu misi yang dibawa adalah menjaga nama baik Indonesia.

“Dengan perubahan ini, atlet bisa lebih menyiapkan waktu lebih panjang untuk bisa meraih prestasi maksimal di AIMAG. Selain itu, 2024 juga membuat agenda muiltievent kita bertambah, yakni AIMAG Thailand dan Olimpiade Paris 2024,” kata Okto.

Dalam OCA General Assembly tersebut juga memutuskan AIMAG edisi ketujuh diundur menjadi satu tahun. Rencananya AIMAG edisi ketujuh diselenggarakan di kota Riyadh Arab Saudi pada 2025, dan dengan adanya keputusan ini penyelenggaraan event tersebut akan berlangsung 2026.