ANOC World Beach Games 2023
ANOC World Beach Games Bali 2023 Atur Ulang Sport Programme
 29 May 2023
Penulis : ANOC and AWBG Bali 2023 Press Release
ANOC World Beach Games Bali 2023 Makes Adjustments  to Sports Programme - Indonesia Olympic Commitee
Credit: 2nd ANOC World Beach Games Bali 2023 Logo

ANOC World Beach Games Bali 2023 mengumumkan, setelah berkonsultasi dengan Dewan Eksekutif Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) memutuskan mengatur ulang sport programme (program olahraga), dengan tidak mempertandingkan cabang olahraga Basket 3x3.

Bali 2023 menghadapi masalah terkait beberapa venue, dan telah bekerja keras menemukan solusi untuk memastikan sport programme tetap menjadi bagian dalam ANOC World Beach Games Bali 2023. 

Local Organising Committee (LOC) dalam hal ini Indonesia ANOC World Beach Games Organizing Committee pun telah mencoba mencari venue alternatif untuk basket 3x3. Sebab, operator venue menetapkan harga sewa yang terlalu mahal u ntuk venue yang sebelumnya dikonfirmasi menjadi lapangan tanding basket 3x3.

Dikarenakan anggaran dan keterbatasan waktu untuk menemukan venue alternatif, dengan menyesal ANOC menerima keputusan dan permintaan LOC.

Basket 3x3 adalah salah satu dari dua olahraga tambahan, bersama dengan AirBadminton, yang dipilih oleh tuan rumah untuk ditampilkan di Bali 2023. Cabor lainnya telah masuk dalam sports programme yang terdiri dari 10 cabor mandatory dan dua olahraga tambahan yang dipilih oleh ANOC.

ANOC dan LOC sangat menyesal karena para atlet dan NOC yang telah lolos di 3x3 Basketball tidak dapat berkompetisi di Bali 2023. Namun, kedua belah pihak sepakat bahwa keputusan ini diperlukan untuk memastikan LOC dapat memenuhi prinsip inti dalam menggelar ANOC World Beach Games secara berkelanjutan dan sesuai anggaran.

Sebagai informasi, tidak ada event kualifikasi basket 3x3 yang diadakan khusus untuk AWBG Bali 2023. Sebab, peserta langsung lolos kualifikasi berdasarkan peringkat dari event musim reguler basket 3x3 yang diselenggarakan oleh Federasi Internasional.

ANOC dan LOC tetap berkomitmen untuk memberikan ANOC World Beach Games Bali 2023 yang sukses dan memastikan pengalaman yang berkesan bagi semua peserta dan penonton.