Asian Games 2022 Hangzhou
Asian Games Diharapkan Jadi Batu Loncatan Menuju Olimpiade Paris
 01 Sep 2023
Penulis : Team NOC
Hangzhou Asian Games must be a stepping stone towards Paris 2024 - Indonesia Olympic Commitee
Credit: NOC Indonesia berharap Asian Games 2022 bisa jadi batu loncatan atlet menuju Olimpiade 2024 Paris

JAKARTA (01/09/23) - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) berharap Tim Indonesia dapat memanfaatkan momen Asian Games 2022 Hangzhou dengan optimal. Multievent empat tahunan terakbar kawasan Asia ini bisa menjadi stepping stone atau batu loncatan menuju prestasi yang lebih tinggi.

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengatakan atlet Tim Indonesia harus berambisi tinggi. Sebagai informasi, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengumumkan Tim Indonesia untuk Asian Games berkekuatan 415 atlet yang akan turun di 31 cabang olahraga (data lengkap dapat diakses melalui laman https://www.instagram.com/p/CwpYzRQyUCa/?igshid=MzRlODBiNWFlZA==) di Kemenpora, Jumat (1/9). Dalam jumpa pers tersebut, Menpora menargetkan Indonesia bisa meraih 8-12 medali emas di Asian Games.

“Indonesia negara besar yang berada di kontinental yang besar, Asia.  Sebagai negara besar kita harus menunjukkan presensi kita untuk tampil lebih besar. Saya berharap semua atlet Tim Indonesia di Asian Games Hangzhou harus berangkat dengan cita-cita medali emas dan pulang membawa kehormatan Merah Putih,” kata Okto, sapaan karib Raja Sapta.

Ia mengingatkan ada beberapa cabor yang akan masuk dalam perhitungan kualifikasi Olimpiade. Di antaranya tinju, panahan, hoki, renang, dan atletik.

“Tim Indonesia sudah mendapat dua tiket Olimpiade Paris melalui panahan dan sport climbing. Kita bisa menambah lagi di Hangzhou dan ini harus menjadi perhatian kita karena target Olimpiade Paris ini besar, yaitu ingin membuat sejarah baru,” ujar Okto.

“Kita beruntung punya Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk Asian Games seperti Pak Basuki Hadimuljono. Beliau mau turun langsung bersama atlet-atlet Tim Indonesia dan tentu kita menunggu sentuhan tangan dingin Pak Basuki.”

Sementara itu, CdM Basuki mengatakan timnya tengah mematangkan persiapan jelang keberangkatan. Berbicara terkait target, lelaki yang menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPUPR) ini meyakini Tim Indonesia telah menyiapkan diri dengan baik.

“Ini tidak ringan karena tadi Pak Menpora juga telah menargetkan beberapa medali emas, tetapi saya yakin atlet kita telah menyiapkan diri dengan baik,” kata Basuki.

Asian Games Hangzhou merupakan edisi ke-19 dan akan dibuka pada 23 September 2023 hingga 8 Oktober. Namun, beberapa cabor sudah ada yang bermain di babak penyisihan sejak 19 September.

“Untuk keberangkatan kontingen akan dibagi beberapa kloter. Ada cabor yang berangkat lebih cepat seperti sepak bola, kriket, dan voli yang dijadwalkan berangkat pada 16 September. Pelepasan akan kami jadwalkan sekitar 17 hingga 21 September, menunggu jadwal dari Bapak Presiden Joko Widodo,” kata Basuki.

Tim Indonesia untuk Asian Games Hangzhou mendapat dukungan dari official patners, yaitu Wall's Ice Cream, Li-Ning, MyTours,  NusaPay, Gudang Kripto, Pocari Sweat, Essenza, dan Bagasi.