SEA Games
CdM Lexyndo Tinjau Langsung Venue SEA Games 2023 di Kamboja 
 23 Feb 2023
Penulis : NOC Team
 - Indonesia Olympic Commitee
Credit: CdM SEA Games saat mengikuti CdM meeting di Kamboja.

JAKARTA (23/02/2023) - Chef de Mission (CdM) SEA Games 2023 Kamboja Lexyndo Hakim berpacu dengan waktu menjelang ajang multievent terbesar di Asia Tenggara yang akan dimulai pada 5-12 Mei mendatang. Untuk memastikan kondisi kenyamanan kontingen, bersama tim Lexyndo sudah meninjau langsung venue di Kamboja. 

Tak lama setelah ditunjuk sebagai CdM Lexyndo Hakim langsung membentuk tim kecil yang bergerak cepat mempersiapkan keikutsertaan Indonesia di SEA Games Kamboja. Selain mengunjungi berbagai venue, Lexy juga sudah mengikuti meeting para CdM peserta SEA Games di Kamboja.

"Saya bersama tim sudah berkunjung ke Kamboja untuk meninjau langsung venue-venue yang dipersiapkan tuan rumah," kata Lexy, sapaan akrab Lexyndo, Kamis (23/2).  

Hasil dari kunjungan dan pemantauan venue di Kamboja, Lexy kembali akan segera menggelar rapat bersama tim CdM untuk membahas hal-hal terkait venue dan persiapan pembagian tugas tim CdM di masing-masing cluster venue pertandingan. 

Tuan rumah kamboja membagi venue pertandingan ke dalam empat kluster, yakni Kampot & Kep, Cluster Shihanoukville, Cluster Siem Riep dan Cluster Phnom Penh. Nantinya, Tim CdM akan berbagi tugas untuk mengakomodir kebutuhan atlet di setiap klusternya. 

"Tim CdM berusaha yang maksimal untuk para atlet kontingen Indonesia yang bertarung di setiap cluster SEA Games Kamboja," ujarnya.

Sementara itu, sampai saat ini Tim CdM masih menunggu hasil dari tim review terkait cabor dan atlet yang akan diberangkatkan ke SEA Games. Review masih terus dilakukan sampai Selasa, 28 Februari mendatang oleh Tim dari Komisi Sport Development NOC Indonesia dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Sekarang tim tersebut sedang melakukan review untuk memastikan cabang olahraga apa saja yang diberangkatkan. Kita tunggu saja hasil review sebentar lagi," kata dia. 

Seperti diketahui, review cabang olahraga menuju multievent difungsikan untuk melihat persiapan atlet serta target cabang olahraga dalam menghadapi multievent.

Baru setelah hasil review keluar dan cabor yang diberangkatkan sudah ditentukan, tim CdM bisa mengambil langkah secara detail apa saja yang harus dilakukan tim CdM. "Tujuannya cuma satu, memberikan fasilitas dan pelayanan yang terbaik untuk para atlet kita," tegasnya.

Di Tim CdM, Lexy dibantu mantan atlet panjat tebing Indonesia yang dikenal dengan Spiderwomen From Indonesia Puji Lestari sebagai Wakil CdM, dan Emir Amry di Deputi 1 serta Ibnu Riza yang duduk di Deputi 2.