Berita Komite Olimpiade Indonesia
Erick Thohir Bahas Kontribusi Olahraga di Tengah Tantangan Global
 05 Oct 2022
Penulis : NOC Team
Erick Thohir Discusses Sport's Contribution Amidst Global Challenges - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Indonesia IOC Member Erick Thohir bertemu Presiden IOC Thomas Bach dalam kunjungannya ke Swiss

JENEWA (05/10/22) - International OIympic Committee (IOC) Member atau Anggota Komite Olimpiade Internasional Erick Thohir menyampaikan olahraga dapat memberikan kontribusi  besar dalam tantangan global. Terutama dalam menghadapi tantangan dunia yang kian kompleks, mulai  situasi ekonomi pasca-covid19 hingga geopolitik.

Erick yang pernah menjabat sebagai Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Periode 2015-2019 ini mengatakan jiwa sportifitas dan semangat kebersamaan di olahraga mampu memicu kontribusi positif untuk menghadapi tantangan tersebut. Hal ini disampaikan Erick usai bertemu dengan Presiden IOC Thomas Bach di Jenewa, Swiss, Senin (03/10).

"Tak hanya sektor ekonomi, sosial, dan politik. Olahraga internasional juga pasti menghadapi problem di tengah tekanan global yang kini terjadi. Terlebih agenda-agenda ajang olahraga dunia harus tetap digelar, dan kondisi  global pasti akan memberikan pengaruh," ujar Erick.

Dalam pertemuan tersebut, Erick sekaligus berkesempatan menyampaikan salam dan surat khusus dari Presiden RI Joko Widodo kepada Presiden IOC Thomas Bach. Mereka juga mendiskusikan beberapa solusi agar olahraga dunia tetap bertahan dalam menghadapi tekanan global yang  diprediksi masih terus terjadi.

"Kuncinya, kita harus bersatu, saling kolaborasi, dan sinergi, baik antar-federasi olahraga internasional dan juga antar-negara melalui olahraga, sehingga problem dan kendala yang pasti timbul karena tantangan global ini bisa kita hadapi bersama," ujar Erick.

Sementara itu, Ketua Komite Olimpiade Indonesia Periode 2019-2023 Raja Sapta Oktohari mengapresiasi diplomasi olahraga internasional yang dilakukan Erick yang menyempatkan diri di tengah kesibukan kerjanya sebagai Menteri BUMN di Inggris dan Eropa. 

“Sebagai satu-satunya member IOC di Indonesia, Pak Erick Thohir concern dengan olahraga. Sejatinya, olahraga dapat memberikan semangat persaudaraan dan persatuan. Terutama, misi Olympic Movement atau Gerakan Olimpiade ini adalah menunjukkan kontribusi olahraga untuk menciptakan dunia yang lebih baik. Ini harus kita lakukan, terlebih Bapak Presiden RI Joko Widodo juga telah memberikan perhatian khusus terhadap olahraga, dan mari kita. Semoga kita semua bisa dipersatukan, jangan berikan ruang sedikitpun untuk kita dipecah belah,” kata Okto, sapaan karib Raja Sapta.