Berita Komite Olimpiade Indonesia
Gelar RA dan KLB, NOC Indonesia Paparkan Laporan dan Rencana Kegiatan hingga Berikan NOC Awards
 04 Mar 2023
Penulis : Team NOC
 - Indonesia Olympic Commitee
Credit: NOC Indonesia menggelar Rapat Anggota dan Kongres Luar Biasa di Hotel Fairmont, Senin (6/3).

BALI (04/03/22) - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) akan menggelar Rapat Anggota (RA) dan Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Fairmont, Senayan, Jakarta, 6-7 Maret 2023. 

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengatakan RA merupakan kegiatan rutin tahunan untuk memaparkan laporan dan rencana ke depan. 

“Setiap tahun, kami diwajibkan mengadakan rapat anggota tahunan Komite Olimpiade Indonesia yang dihadari dihadiri 64 cabor yang merupakan anggota NOC Indonesia,” kata Okto, sapan karib Raja Sapta, dalam keterangan pers virtual.

Selain laporan dan program kerja, RA nanti juga akan membahas beberapa agenda di antaranya penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan IADO, SIWO PWI, IPO, ASITA, serta UNJ dan UNESA. 

Dua pihak terakhir dalam kaitannya terkait rencana NOC Indonesia untuk mendirikan National Olympic Academy yang akan berkorelasi secara langsung dengan International Olympic Academy.

Selain itu, NOC Indonesia juga akan mengadakan NOC Awards atau penghargaan kepada atlet, pelatih, wasit, dan olahragawan yang berprestasi dan menginspirasi. 

Ada pula pembahasan terkait penerimaan anggota baru, di mana sejauh ini sudah ada beberapa cabang olahraga yang telah mengajukan diri untuk menjadi anggota NOC Indonesia, yakni obstacle race dan vovinam.

Setelah RA, NOC Indonesia juga akan mengadakan KLB yang akan membahas beberapa perubahan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) NOC Indonesia.

“Tahun lalu disepakati ada Tim Pokja untuk merumuskan perubahan AD/ART. Apa yang kita rumuskan ini akan dibawa di RA, yang akan disahkan di KLB, sebagaimana mekanisme organisasi yang telah ditetapkan,” ujar Ketua Panitia RA dan KLB Jadi Rajagukguk.