Berita Olimpiade Indonesia
Indonesia Bidik TIket Terakhir 3x3
 21 May 2021
Penulis : Tim NOC
Indonesia Eyes Last Spot in 3x3 - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Indonesia membidik tiket terakhir menuju Olimpiade Tokyo 2020 di nomor bola basket 3x3 putri dengan mengirimkan tim putri ke turnamen kualifikasi Olimpiade di Graz, Austria, yang berlangsung 26-30 Mei mendatang.

Perbasi mengirimkan tim beranggotakan empat pemain, yaitu Dewa Ayu Made Sriartha, Dyah Lestari, Nathania Claresta Oriville, dan Lea Elvensia Wolobubo Kahol, yang akan didampingi pelatih July Wong.

"Selamat bagi pemain yang terpilih. Akan banyak momen dan pelajaran yang bisa diambil selama di Austria. Bawa bangga Indonesia di kualifikasi nanti,"kata Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi dalam keterangan tertulis.

"Sementara bagi yang belum terpilih, tetap semangat dan jangan lelah menempa diri karena kesempatan akan selalu ada," katanya melanjutkan.

Dua pemain lain, Henny Sutjiono dan Gabriel Sophia, terpaksa ditinggal di Indonesia sebagai pemain cadangan karena FIBA menerapkan pembatasan jumlah pemain di turnamen kualifikasi ini.

"Aturan dari FIBA untuk membatasi jumlah orang dalam bubble, jadi kedua pemain ini tidak ikut ke Austria, kecuali memang terjadi keperluan penggantian pemain," kata manajer tim Christopher Tanuwidjaja.

Sebagai bagian dari persiapan, tim 3x3 putri berlatih dan melakukan latih tanding melawan tim CLS yang berlaga di IBL sejak 4 April lalu. Juli mengatakan bahwa mereka telah menuntaskan persiapan dan saat ini menjaga kondisi mereka.

"Persiapan kami sudah 100 persen. Kini tinggal mengulang kembali dan menjaga mereka hingga waktu keberangkatan. Sisa waktu sebelum ke Austria kami maksimalkan untuk terus ingatkan ke pemain. Mereka masih suka buru-buru. Bagusnya, setiap pemain sudah tahu timing kapan harus shoot dan drive," katanya.

Dalam turnamen kualifikasi, Indonesia berada di grup A bersama Prancis, AS, Jerman, dan Uruguay.