SEA Games
Indonesia dulang medali di kompetisi Rowing
 11 May 2022
Penulis : NOC Team
Four medals for Indonesia in Rowing competition - Indonesia Olympic Commitee
Credit: -

Indonesia meraih hasil gemilang di kompetisi cabang olahraga Rowing yang berlangsung di Thuy Nguyen Hai Phong Aquatics Center, Rabu (11/5). Turun di empat nomor, Indonesia sukses menyabet medali di semua nomor yang dilombakan.

Di perlombaan pertama, kuartet Maslin Efrilia, Dewi Purwanti, Annisa Meilani Yahya, dan Putri Agni Anugrah yang turun di nomor Women’s Quadruple Sculls meraih medali perak dengan catatan waktu 7 menit 23 detik. Medali emas diraih oleh tuan rumah Vietnam dan medali perunggu diraih oleh Filipina.

“Merasa sangat bangga karena bisa memberikan yang terbaik, walaupun hasilnya belum di puncaknya yaitu medali emas, tetapi kami merasa bangga dengan hasil yang kami berikan,” ujar Maslin Efrilia usai perlombaan.

Perlombaan kedua berlangsung seru, kali ini duet Kakan Rusmana-Ardi Isadi berhasil mengungguli atlet-atlet Thailand dan Vietnam. Melintasi finis tercepat dengan catatan waktu 7 menit 1 detik, mereka pun sukses menyabet medali emas.

Kakan Rusmana mengaku terkejut dengan hasil yang ia dapatkan dengan Ardi Isadi. Ia juga turut bersyukur atas dukungan kesemua pihak yang telah mendukung tim Rowing Indonesia.

“Alhamdulillah, sangat surprise ini medali emas pertama untuk rowing, tim rowing putri sebelumnya hampir [meraih medali emas] tapi baru mendapat medali perak. Terima kasih atas doa dan dukungan, kami tim dayung berterima kasih khususnya kepada masyarakat Indonesia, NOC Indonesia, Kemenpora, PODSI, terima kasih juga kepada tim pelatih dan seluruh kru yang bertugas di perhelatan SEA Games ini,”

Di perlombaan ketiga, Indonesia kembali meraih hasil terbaik. Memo dan Sulfianto yang unggul jauh di awal perlombaan sempet didekati oleh atlet Thailand. Namun, mereka berhasil mempertahankan keunggulan mereka dan melintasi garis finis pertama dengan catatan waktu 7 menit 22 detik, disusul atlet dari Thailand (perak) Vietnam, dan Kamboja (masing-masing perunggu).

Memo mengatakan dirinya puas dengan hasil yang dicapai, dan berharap rekan-rekannya juga bisa meraih prestasi yang terbaik.

““Senang, sangat senang [dengan kemenangan hari ini], semoga teman-teman yang berkompetisi berikutnya juga bisa menang, medali emas lah,” ucap Memo.

Indonesia menutup kompetisi hari ini dengan raihan medali perak kedua. Kali ini kuartet Chelsea Corputty - Syiva Lisdiana - Aisah Nabila - Julianti yang turun di nomor coxless four putri membukukan catatan waktu 7 menit dan 16 detik, sekaligus memberikan medali keempat dari cabang olahraga Rowing bagi Indonesia di SEA Games ke-31.

Syiva Lisdiana, mengatakan bahwa ia dan rekan-rekan sudah memberikan yang terbaik, dan menerima hasil yang diperoleh.

““Pertama-tama, kita sudah tampil all-out, tapi inilah hasilnya, semoga di perlombaan berikutnya kita bisa lebih baik lagi,” ujar Syiva.

Ia pun turut memberikan semangat bagi rekan-rekannya yang akan bertanding di hari-hari mendatang.

“Harapannya tentu teman-teman bisa meraih hasil terbaik, bisa meraih juara satu, dan bisa menjadi juara umum di Vietnam,” ucapnya menutup pembicaraan.