Berita Olimpiade Indonesia
Indonesia raih enam medali di Kejuaraan Karate Asia
 23 Dec 2021
Penulis : Tim NOC
Indonesia grab six medals in Asian Karate Championships - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Indonesia meraih enam medali di Kejuaraan Karate Asia yang berlangsung di Almaty, Kazahkstan dari 20 hingga 22 Desember 2021. Prestasi tersebut merupakan peningkatan dari Kejuaraan Asia edisi sebelumnya di 2019, dimana Indonesia membawa pulang tiga medali dari Uzbekistan.

Enam medali yang diraih oleh Indonesia dibagi rata antara putra dan putri. Di bagian putra, Ahmad Zigi Zaresta Yuda meraih medali perak nomor individual kata, ia harus mengakui keunggulan karateka Jepang, Ryo Kiyuna, yang meraih gelar juara Asia kelima sepanjang karirnya. Di nomor tim kata putra, Albiadi, Andi Dharmawan, dan Andi Tomy Aditya Mardana menyumbangkan sekeping medali perunggu. Torehan tersebut dilengkapi oleh Ari Saputra yang meraih medali perunggu di nomor kumite 55kg.

Di bagian putri, lagi-lagi karateka Merah-Putih takluk dari karateka Negeri Sakura, dimana Krisda Aprilia dikalahkan oleh Hikaru Ono di nomor individual kata, sehingga harus puas dengan medali perak. Begitu juga di nomor tim kata, dimana tim putri Indonesia yang terdiri dari Emilia Sri Hanandyta, Anugerah Nurul Lucky, dan Dian Monika Nababan dikalahkan oleh tim Jepang di final. Medali perunggu dari bagian putri diperoleh oleh Cok Istri Agung Sanistyarani di nomor kumite 55kg.

Secara keseluruhan, Jepang berada di posisi teratas Kejuaraan Karate Asia dengan perolehan 10 medali, delapan diantaranya adalah medali emas. Indonesia berada di peringkat kedelapan dengan torehan tiga medali perak dan tiga medali perunggu.