Berita Komite Olimpiade Indonesia
Indonesia Siap Berlaga pada Islamic Solidarity Games di Konya Turki
 07 Jul 2022
Penulis : NOC Team
Indonesia Ready to Compete at Islamic Solidarity Games in Konya Turkey - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Komite Eksekutif NOC Indonesia Rafiq Hakim Radinal tengah melakukan CdM Meeting kedua untuk persiapan ISG 2021 Konya.

Indonesia dipastikan akan berpartisipasi pada ajang Islamic Solidarity Games 2022 yang akan dihelat di Konya, Turki pada Agustus mendatang.

Kepastian itu setelah Turkey Islamic Solidarity Games Organizing Committee (TISGOC) memastikan segala persiapan Islamic Solidarity Games (ISG) 2021  Konya berjalan lancar. 
Seluruh venue telah rampung dan siap digunakan untuk event olahraga solidaritas negara-negara anggota OKI yang dibuka 9 hingga 18 Agustus mendatang. 

Hal tersebut diutarakan Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Rafiq Hakim Radinal yang hadir dalam Chefs de Mission (CdM) Meeting ISG kedua yang berlangsung pada 1-6 Juli. Rafiq yang didampingi NOC Relation Diana Roeroe serta General Affair Permadi berkoordinasi secara aktif dengan TISGOC untuk memastikan kelancaran partisipasi Indonesia.

“TISGOC memastikan segala venue sudah rampung dan siap digunakan. Indonesia pun sudah siap tampil di ISG Konya,” ujar Rafiq, Kamis (7/7)

Dalam CdM Meeting kali ini, NOC Indonesia berkesempatan melalukan one on one meeting dengan 15 direktorat TISGOC, mulai dari pembahasan akreditasi hingga sport entry. "Respons TISGOC sangat positif, apalagi mereka sempat menyebut bahwa Indonesia merupakan NOC terbaik karena data setiap departemen sudah siap,” lanjut Rafiq.

Rafiq menjelaskan TISGOC juga sudah melakukan drawing untuk 3 cabang olahraga (cabor) beregu, yakni bola tangan, voli, dan sepak bola. Dari ketiga cabor ini, Indonesia hanya menurunkan tim voli putri. Berdasarkan drawing, lanjut Rafiq, voli putri Indonesia menempati Grup A bersama Uzbekistan, Turki, dan Iran. Sementara Grup B dihuni Afghanistan, Senegal, Kamerun, serta Azerbaijan.  “Komitmen NOC Indonesia adalah menjadikan ISG sebagai ajang solidaritas sebagai sasaran antara menuju ajang prestasi SEA Games 2023 Kamboja dan  Asian Games 2022 Hangzhou,” kata Rafiq.

ISG Konya akan mempertandingkan 20 cabang olahraga (cabor), yaitu atletik, panahan, basket 3x3, bocce, balap sepeda (jalan raya dan trek), anggar, sepak bola, senam (artistik, aerobik, ritmik), bola tangan, judo, karate, kickboxing, menembak, renang, tenis meja, taekwondo, voli, angkat besi, gulat (freestyle, greco-roman), panahan tradisional.

Sedangkan mengenai protokol kesehatan, Rafiq menjelaskan TISGOC memiliki aturan ketat sebagai langkah preventif pencegahan covid-19. Menurutnya, atlet dan official yang tinggal di athlete village wajib melakukan PCR dalam 48-72 jam sebelum keberangkatan. “Hasil PCR negatif baru bisa berangkat dan atlet dan official akan dites kembali setibanya di athlete village. Semua yang berangkat juga wajib menyertakan sertifikat vaksin,” pungkas rafiq.