Berita Olimpiade Indonesia
Ingin Menonton Olimpiade Paris, Ini Cara Dapatkan Tiketnya!
 05 Dec 2022
Penulis : NOC Team
Ticketing process for the Olympic Games Paris 2024 to begin globally on 1 December 2022 - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Panitia Penyelenggara Olimpiade Paris 2024 secara resmi membuka penjualan tiket mulai 1 Desember 2022.

PARIS (05/12/22) - Paris Organizing Committee for the 2024 Olympic and Paralympic Games (COJOP2024) resmi membuka penjualan tiket Olimpiade Paris. Fase pertama dimulai pada 1 Desember 2022 - 31 Januari 2023.

Melansir laman resmi Paris2024, COJOP2024 memberikan kesempatan bagi para penggemar untuk mengamankan tiket sebagai antisipasi tingginya permintaan jelang pesta olahraga terakbar paling prestisius sedunia ini digelar pada 26 Juli-11 Agustus 2024. 

“Penjualan tiket Olimpiade Paris 2024 fase pertama sudah dibuka. Jadi sistem penjualan tiket Olimpiade kali ini berbeda, karena sekarang semua terpusat dalam satu sistem,” kata Raja Sapta Oktohari, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia).

“Bagi masyarakat Indonesia yang ingin menonton Olimpiade secara langsung dapat membeli tiket tersebut malalui sistem yang tersedia. Berikan langsung dukungan Anda kepada atlet-atlet Indonesia.”

Bagi para penggemar yang tertarik menyaksikan pertandingan Olimpiade secara langsung dapat mulai mendaftarkan diri melalui situs https://tickets.paris2024.org untuk masuk dalam sistem drawing atau undian.

Tiket yang dijual untuk semua venue Olimpiade, kecuali surfing dan opening ceremony. Para penggamar juga dipastikan dapat menikmati pertandingan kelas dunia dengan latar ikon besar Prancis dan Paris, mulai dari Place de la Concorde hingga voli pantai yang akan digelar di Menara Eiffel.

Para penggemar juga dapat mengimprovisasi pengalaman menyaksikan pertandingan Olimpiade melalui paket “Make Your Games” untuk memaksimalkan waktu mereka ketika berada di Paris. Untuk informasi selengkapnya, dapat mengakses di laman berikut https://sharing.oodrive.com/share-access/sharings/dlGv6K0Q.fk3qkWkq

Platform digital tunggal dan terpusat
Untuk pertama kalinya dalam sejarah Olimpiade, tiket akan dijual secara eksklusif dalam satu platform terpusat dan secara  digital yang akan dibuka untuk semua penggemar pada waktu yang sama.

Melalui platform ini, hampir 10 juta tiket akan dijual untuk Olimpiade, di mana 1 juta di antaranya dibanderol seharga €24 (sekitar Rp 390 ribu) dan hampir setengahnya seharga kurang lebih €50 (Rp 820 ribu) untuk masyarakat umum. 

Hanya dengan €24, penggemar dapat menonton perlombaan atletik di Stade de France, panahan di Les Invalides, dan equestrian di Versailles.

“Kami benar-benar ingin menjadikan Paris 2024 sebagai Games Wide Open pertama, dan kami berdedikasi penuh untuk mewujudkan konsep ini,” kata Tony Estanguet, Presiden Paris 2024. 

“Kami sangat menantikan prospek Paris untuk membagikan ikonnya lokasi dan tempat dengan penggemar, agar mereka merasakan emosi dan suasana magis yang akan disediakan oleh stadion penuh. Bukan hanya para atlet yang bersiap-siap untuk Olimpiade, tetapi juga para penonton, dan perjalanan mereka dimulai sekarang!”

Pengenalan paket "Make Your Games"
Untuk penjualan tiket tahap pertama, penggemar akan dapat membeli paket “Make Your Games” untuk mengatur pengalaman Olimpiade ideal mereka sendiri.

Setiap paket tiket “Make Your Games”, mencakup tiga sesi yang disusun sesuai dengan preferensi pembeli. Untuk membuat paket, seseorang dapat:
- Memilih tiga sesi dari semua olahraga, tergantung pada ketersediaan dan pilihan.
- Memilih hingga enam tiket untuk setiap sesi.

Paket dirancang agar fleksibel agar sesuai dengan kebutuhan pembeli, apakah mereka hadir sendiri, bersama teman atau keluarga. Setiap akun maksimal hanya dapat membeli 30 tiket.

Sistem Undian
Dari 1 Desember 2022 hingga 31 Januari 2023, semua penggeamr seluruh dunia dapat mendaftar untuk pengundian paket. Mereka yang berhasil menang undian akan diberikan slot waktu 48 jam antara 15 Februari dan 15 Maret 2023 untuk membeli tiket mereka. 

Para penggemar akan dapat berpartisipasi dalam sistem undian yang akan dilaksanakan dua fase. Berikut linimasa penjualan tiket:

Fase 1 – Penjualan paket
1 Desember 2022 – 31 Januari 2023 18H CET: Daftarkan akun Anda melalui situs web tiket resmi https://tickets.paris2024.org dan ikuti undian untuk paket “Make Your Games”
13 Februari – 15 Maret 2023: Jika berhasil dalam pengundian, akses situs web penjualan tiket selama slot waktu pembelian yang dialokasikan dan beli paket “Make Your Games”.

Fase 2 – Penjualan tiket tunggal
Maret – Mei 2023: Pengajuan sistem undian untuk penjualan tiket tunggal
Mei 2023: Penjualan tiket tunggal dibuka

Tiket untuk Paralympic Games Paris 2024
Pada musim gugur 2023, lebih dari 3 juta tiket akan dijual untuk Paralympic Games.

Pembayaran dapat dilakukan hanya melalui Visa. Ini dilakukan sebagai pengakuan atas kemitraan jangka panjang Visa dengan Pertandingan Olimpiade dan Paralimpiade.