Olimpiade 2024 Paris
Ini Ritual Lifter Rizki Juniansyah Sebelum Mengikuti Kejuaraan
 08 Aug 2024
Penulis : NOC Team
Here is Rizki Juniansyah's Pre-Competition Ritual - Indonesia Olympic Commitee
Credit: NOC Indonesia/Naif Al As

PARIS - Salah satu mood boster lifter andalan Indonesia Rizki Juniansyah tampil di Olimpiade Paris 2024 adalah kehadiran ibunya, Yeni Rohaeni Durachim.

Sang ibu datang ke Paris bersama kakaknya Riska Anjani Yasin untuk menemani langsung Rizki yang akan berlaga di cabang olahraga angkat besi kelas 73 kg pada hari ini, Rabu (8/8/2024).

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABSI), Rosan Perkasa Roeslani menjelaskan kehadiran Yeni sangat dibutuhan oleh Rizki.

"Kami berkoordinasi dengan NOC Indonesia dan juga CdM Anindya Bakrie untuk bisa menghadirkan orang tua Rizki. Ini langsung di respon CdM Anin dengan baik. Karena kehadiran orang tuanya menambah kekuatan Rizki," ujar Rosan.

Ibunda Rizki terlihat bahagia saat mengunjungi anaknya yang tengah menginap di Athlete Village.

Mengenakan jaket merah dan kerudung berwarna coklat, Yeni membawa tas yang berisi makanan favorit Rizki.

"Iya ini makanan buat Rizki biar sehat. Dia suka rendang, suwir ayam dan sambal goreng kentang," jelas Yeni singkat.

Dalam kesempatan ini Yeni juga meminta doa dari masyarakat Indonesia suapaya Rizki sehat sehingga bisa mengangkat beban lebih enteng.

"Tentu saya juga deg-degan. Saya pesan sama Rizki, nomor satu supaya diberi kesehatan kekuatan dan kelancaran segalanya," jelas Yeni.

Kedekatan Rizki dengan ibunya tidak hanya di Olimpiade Paris 2024, tapi sudah berlangsung sejak lama. Rizki punya kebiasaan memuliakan ibunya dalam berbagai hal, seperti ritual mencuci kaki ibunya dan meminum air tersebut.

Seperti saat mengikuti kejuaraan IWF World Cup 2024 di Thailand, Rizki mencuci kaki ibunya dan meminum airnya. Rizki mengaku selalu merasakan adanya kekuatan tersendiri ketika melakukan hal tersebut.

"Saya sebelum ikut kejuaraan itu biasanya mencuci tangan dan kaki ibu dengan air lalu airnya saya minum," ujar Rizki beberapa waktu lalu.

Di Olimpiade Paris 2024, Tim Indonesia berpartner dengan Aice yang juga merupakan Olympic Partner, Li-Ning, Didit Hediprasetyo Foundation, Lavani Jewelry, Kings Travel, Samsung. Serta didukung oleh On Point, Oakley, Canon Indonesia dan Lumix Indonesia.

 

#MenjagaMerahPutih

#NoRacism

#NoDiscrimination

#KeepSportsAsNeutralZone