Berita Olimpiade Internasional
IOC Amankan Donasi Vaksin untuk Tokyo 2020
 07 May 2021
Penulis : Tim NOC
IOC Welcomes Vaccines Donation for Tokyo 2020 - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Sebagai bagian dari rencana untuk memastikan kesehatan dan keselamatan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020, Komite Olimpiade Internasional (IOC), Kamis (6/5), mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan produsen vaksin Pfizer dan BioNTech tentang donasi dosis vaksin Covid-19 kepada para peserta dari NOC dan NPC di seluruh dunia. NOC akan bekerja sama dengan pemerintah masing-masing untuk mengkoordinir distribusi di tingkat lokal sesuai dengan panduan distribusi vaksinasi di setiap negara dan sejalan dengan regulasi setempat.

IOC dan Komite Paralimpik Internasional (IPC) bekerja bersama NOC dan NPC untuk mendorong serta membantu para atlet, ofisial, dan pemangku kepentingan Olimpiade yang tinggal di negara mereka untuk mendapatkan vaksinasi di negara masing-masing sejalan dengan panduan imunisasi nasional sebelum pergi ke Jepang. Hal ini tidak hanya untuk memastikan lingkungan yang aman saat Olimpiade, tapi juga untuk menghormati penduduk Jepang.

Beberapa negara telah mengambil langkah-langkah positif tentang hal ini dan berkonsultasi dengan NOC dan NPC masing-masing untuk melakukan vaksinasi bagi para atlet peserta Olimpiade dan Paralimpiade. Berdasarkan masukan dari NOC dan NPC, sebagian besar peserta sudah menjalani vaksinasi sebelum mereka tiba di Jepang. Dan, Nota Kesepahaman ini memperkuat usaha-usaha ini.

"Donasi dosis vaksin ini adalah tambahan senjata dari langkah pencegahan yang telah kami siapkan untuk membantu Olimpiade serta Paralimpiade Tokyo 2020 berjalan dengan sehat dan selamat bagi para peserta, dan untuk menunjukkan solidaritas dengan tuan rumah yang telah berbaik hati, Jepang," kata Presiden IOC Thomas Bach. "Kami mengundang atlet dan delegasi yang akan hadir dalam Olimpiade dan Paralimpiade untuk memberi contoh dan menerima vaksinasi di mana dan kapan pun memungkinkan. Dengan mendapatkan vaksin, mereka dapat mengirimkan pesan yang kuat bahwa vaksinasi bukan hanya tentang kesehatan pribadi, tapi juga tentang solidaritas dan mempertimbangkan kesejahteraan orang lain dalam komunitas mereka. Kami berterima kasih kepada Pfizer dan BioNTech atas donasi yang sangat luar biasa ini untuk mendukung vaksinasi atlet dan peserta jepang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020."

Prof. Ugur Erdener, Kepala Komisi Medis dan Ilmu Pengetahuan IOC mengatakan, "Kami melihat pentingnya vaksinasi di seluruh dunia. Kami mendorong atlet dan peserta Olimpiade lain untuk menerima vaksin kapan pun. Vaksinasi adalah alat penting bukan hanya untuk melindungi diri mereka, tapi juga komunitas mereka."

Dalam pembicaraan antara Presiden Direktur Pfizer, Albert Bourla, dan Perdana Menteri Jepang Suga Yoshihide, Bourla menawarkan donasi vaksin Covid-19 buatan Pfizer-BioNTech bagi atlet dan delegasi yang hadir di Tokyo 2020. Sebagai tindak lanjut, pemerintah Jepang bertemu dengan IOC, dan sekarang rencana donasi ini terealisasi.

Dengan ratusan juta vaksin telah disuntikkan, dan akan disusul ratusan juta lainnya, Pfizer berkomitmen, bersama dengan BioNTech, untuk melakukan apapun yang kami bisa untuk membantu menghentikan pandemi ini dan membantu mengembalikan perasaan normal kepada dunia," kata Bourla. "Berlangsungya Olimpiade dan Paralimpiade menunjukkan momen persatuan dan perdamaian yang monumental kepada dunia setelah isolasi dan keputusasaan selama setahun. Kami bangga dapat memainkan peran penting dalam menyediakan vaksin bagi atlet dan delegasi NOC di manapun mereka berada."

"Meneydiakan vaksin bagi peserta Olimpiade adalah salah satu cara penting untuk membantu memastikan Olimpiade berjalan sehat dan sukses. Dengan lebih dari 430juta dosis yang sudah dikirimkan, vaksin kami terus membantu melindungi kehidupan di seluruh dunia dan membawa kita kembali ke kehidupan normal," kata CEO dan pendiri BioNTech, Ugur Sahin. "Olimpiade dan Paralimpiade tahun ini adalah momen bersejarah yang mewakili komunitas global dan bagaimana kita bekerja sama. Kami merasa terhormat bisa memberikan vaksin untuk mendukung keselamatan Olimpiade dan Paralimpiade."

Pengumuman ini muncul menyusul publikasi edisi kedua Playbook, yang memberikan informasi dan panduan terperinci kepada berbagai pemangku kepentingan yang akan berpartisipasi dalam Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.