SEA Games
Kickboxing Tidak Hanya Sekedar Ingin Menjadi Kuda Hitam
 04 May 2022
Penulis : NOC Team
Kickboxing with a point to prove at SEA Games - Indonesia Olympic Commitee
Credit: -

Para atlet Cabang Olahraga Kickboxing resmi dilepas oleh Tim Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk berlaga di SEA Games ke-31 di Hanoi, Vietnam pada Rabu (4/5). Menurut Deputi I, Arlan Perkasa Lukman, Kickboxing ingin membuktikan taji mereka di ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

"Ketua Umum PP KBI (Pengurus Pusat Kickboxing Indonesia), berkata ingin menjadi kuda hitam, tapi juga ingin berbicara dan membuktikan bahwa Kickboxing di Indonesia sudah maju, bahkan setara atau lebih tinggi dari negara-negara di Asia Tenggara lainnya," ujar Arlan.

Arlan sendiri menilai bahwa persiapan dari atlet-atlet kickboxing sudah berjalan dengan baik, menurutnya kini para atlet tinggal menikmati suasana pertandingan.

"Semua sudah dilakukan, persiapan sudah matang, tinggal bertanding. Tolong ingatkan teman-teman atlet, nikmati saja pertandingannya. Hari ini bendera Merah Putih dibentangkan dan Insyallah, di Vietnam nanti bendera Merah Putih berada di tiang tertinggi," tambah Arlan.

Arlan juga menyoroti agar para atlet Indonesia yang bertanding untuk membuktikan semangat mereka dan tidak terpengaruh faktor-faktor non-teknis.

"Kita nikmati saja, apa pun yang terjadi di sana, senyum saja, anak-anak sudah siap, mental bertanding mereka jauh lebih kuat. Insyaallah, apapun kendala yang ada di Vietnam, kita hadapi dengan senyum dan dengan semangat, kita buktikan bahwa Indonesia ini bermental baja,” ujar pria yang juga menjabat anggota Komite Eksekutif National Olympic Committee of Indonesia (NOC Indonesia).

Nurosi Nurasjati, manajer Kickboxing pun turut mengamini ucapan Arlan perihal persiapan para atlet menjelang SEA Games.

"Insyallah, delapan orang atlet sudah siap untuk bertanding di dua nomor, full contact dan low kick, dengan komposisi tiga putri dan lima putra," ujar Rosi.

Rosi juga turut menjelaskan bahwa PPKBI sendiri setidaknya ingin menyamai catatan di SEA Games 2019 di Manila, dimana Kickboxing menyumbangkan dua medali perak dan enam perunggu.

"Minimal sama dengan SEA Games terakhir. Para atlet sudah menunjukkan motivasi yang lebih besar, semoga dengan doa dari seluruh rakyat Indonesia, kita bisa membawa pulang medali emas," tambahnya menutup pembicaraan.