Asian Games 2022 Hangzhou
Muhammad Sejahtera Dwi Putra Raih Emas Pertama Tim Indonesia di Asian Games 2022
 25 Sep 2023
Penulis : NOC Indonesia
Muhammad Sejahtera Dwi Putra wins Indonesia's first gold medal at the 2022 Asian Games - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Muhammad Sejahtera Dwi Putra menjadi peraih medali emas pertama Indonesia di Asian Games 2022.

HANGZHOU (25/09/2023) - Atlet menembak, Muhammad Sejahtera Dwi Putra menyumbangkan medali emas pertama buat Tim Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou, China.

Berlomba di Fuyang Yinhu Sports Centre, Muhammad Sejahtera yang tampil di nomor 10 meter running target mencetak skor 578 untuk 15 kali tembakan. Petembak kelahiran Jakarta, 13 April 1997 ini mengalahkan wakil Vietnam, Huu Vuong Ngo yang meraih medali perak dengan skor 571 untuk 10 kali tembakan serra Youjin Jeong asal Korea Selatan di posisi ketiga dengan 565 poin untuk 14 kali tembakan.

“Saya pribadi sebagai pelatih pasti bersyukur, Alhamdulillah. Selama latihan, saya selalu menerapkan kepada semua atlet untuk serius, fokus dan berprogres. Caranya cuma latihan, latihan, istirahat cukup jaga pola makan dan berdoa. Saya tidak pernah kasih target, tapi saya feeling ini bisa dapat. Tapi jaga pikiran atlet dua hari sebelum lomba ini kan setengah mati,” kata Masruri, pelatih Timnas menembak saat dihubungi.

“Dari sebelum berangkat saya bilang ke anak-anak, kita punya Tuhan, saat kita meminta pasti akan dikasih. Saat kita sudah berusaha, berdoa dan meminta dukungan dari keluarga, orang tua, istri, anak bagi yang sudah berkeluarga, maka akan tercapai cita-cita kita untuk membanggakan bangsa Indonesia. Saya tanamnkan itu kepada anak-anak,” imbuhnya.

Muhammad Sejahtera yang akrab disapa Tera itu merupakan peraih medali perak di nomor 10 meter running target Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Kala itu, medali emas meleset akibat ia gagal mengeksekusi satu peluru.

“Dari Asian Games 2018 itu, saya punya motivasi apapun yang terjadi saya harus ikhlas. Saya bilang, harus bisa membuktikan next saya harus mampu menaikkan bendera Merah Putih di tempat tertinggi,” ungkap Masruri.

Selain medali emas, Muhammad Sejahtera juga menambah perolehan medali perunggu dari nomor 10 meter running target team bersama Muhammad Badri Akbar dan Irfandi Julio. Ketiganya meraih skor total 1667 untuk 33 kali tembakan.

Medali emas di nomor team ini diraih Korea Selatan dengan 1668 poin dari 39 kali tembakan. Sedangkan perak direbut Korea Utara lewat 1668 poin dari 29 kali tembakan.

Selanjutya, menembak masih berpeluang menyumbangkan medali buat Tim Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou. Menembak mengirimkan 23 atlet dengan target perolehan tiga medali di edisi ke-19 Asian Games ini.

“Besok Insya Allah ada peluang. Mudah-mudahan pertandingan besok hasilnya sesuai latihan,” sebut Masruri.

Tim Indonesia dipimpin oleh CdM Basuki Hadimuljono berkekuatan 413 atlet yang turun di 202 nomor pertandingan, 41 disiplin, 30 cabor. Tim Indonesia mendapat dukungan dari official partners, yaitu Wall's Ice Cream, Li-Ning, MyTours,  NusaPay, Gudang Kripto, Bagasi, Pocari Sweat, dan Essenza.