Berita Olimpiade Indonesia
NOC Indonesia Ingatkan 11 Tiket Panahan Olimpiade Diperebutkan di Asian Games Hangzhou
 08 Mar 2023
Penulis : Team NOC
 - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari yakin Ketua Umum PP Perpani Arsjad Rasjid bisa membawa kemajuan bagi prestasi panahan Indonesia.

JAKARTA (08/02/23) - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari berharap Arsjad Rasjid dapat membawa kemajuan bagi peningkatan prestasi panahan. Apalagi, panahan merupakan cabang olahraga (cabor) Olimpiade serta olahraga yang menjadi akar budaya Indonesia.

Hal itu disampaikan Okto, sapaan karib Raja Sapta, dalam pelantikan Arsjad sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (PP Perpani) periode 2022-2026 di Lapangan Panahan, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (08/02).

“Panahan ini penyumbang medali Olimpiade pertama untuk Indonesia. Setiap Olimpiade pun selalu hadir di Olimpiade. Panahan juga olahraga kegemaran  Presiden RI Joko Widodo dan sangat familiar dengan masyarakat Indonesia. Jadi olahraga yang diemban Arsjad ini luar biasa,” kata Okto.

Ia menjelaskan, tantangan Arsyad tidaklah mudah. Lelaki yang menjabat sebaga Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) ini diharapkan mampu meneruskan tradisi partisipasi Indonesia di Olimpiade serta mengukir kembali capaian manis panahan sebagai penyumbang medali. 

Sebagai informasi,   panahan merupakan cabor pertama Indonesia yang meraih medali Olimpiade lewat penampilan tiga srikandi Nurfitriyana, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani di Seoul, 1988.

“Poin kualifikasi Olimpiade untuk panahan akan dimulai 28 Juli. Ini paling penting, Ketum Arsjad harus menyiapkan diri. Terutama untuk Asian Games 2022 Hangzhou karena akan panahan adalah cabor yang di-sanction dan ada 11 tiket Olimpiade yang akan diperebutkan untuk zona kontinental Asia,” kata Okto.

Pada edisi terakhir Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang, Tim Panahan Indonesia meraih medali perak dan perunggu pada Asian Games 2018. Atas hasil tersebut, Indonesia berhasil mengamankan dua tiket Olimpiade 2020 Tokyo dari nomor recurve perorangan putra dan putri.