Berita Olimpiade Indonesia
NOC Indonesia Tinjau Kesiapan UCI Track Nations Cup 2023
 10 Feb 2023
Penulis : NOC Team
NOC Indonesia Review UCI Track Nations Cup 2023 Readiness - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Ketua Umum NOC Indonesia meninjau persiapan gelaran UCI Track Nations Cup 2023 di Jakarta International Velodrome Rawamangun

JAKARTA (1O/02/23) - Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari meninjau kesiapan penyelenggaraan Union Cycliste Internationale (UCI) Track Nation Cup 2023 yang akan diselenggarakan di Velodrome Rawamangun, Jakarta, 23-26 Februari. Event ini akan menjadi pembuka perburuan poin kualifikasi Olimpiade 2024 Paris dari disiplin track balap sepeda.

Okto, sapaan karib Raja Sapta, berharap Indonesia dapat memanfaatkan  penyelenggaraan UCI Track Nation Cup 2023 secara maksimal. Terutama untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia memiliki velodrome terbaik di dunia.

“Hanya ada satu velodrome seperti ini (velodrome Rawamangun-red) di dunia. Ini akan menjadi value bagi kita untuk berdiplomasi bahwa kita memiliki velodrome terbaik. Turnamen yang menjadi perburuan poin kualifikasi Olimpiade ini juga menjadi cara kita untuk berdiplomasi, bahwa Indonesia bisa. Sebab mata dunia akan memandang Indonesia dan kita harus menjaga nama baik negara kita,” kata Okto.

Menurutnya UCI Track Nation Cup 2023 bakal menambah pengalaman Indonesia sebagai penyelenggara turnamen balap sepeda bergengsi. Sebelumnya, Velodrome Rawamangun telah digunakan sebagai venue Asian Games, Asian Para Games, serta Asian Championship.

“Sudah ada tiga event besar di velodrome ini dan 15 hari lagi, untuk kali pertama velodrome ini akan dibuka untuk level dunia. Para juara dunia akan hadir di sini merasakan velodrome terbaik di dunia,” ujar Okto.

Sementara itu, Novian Herbowo, Ketua ISSI DKI Jakarta sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara mengatakan lebih dari 500 atlet dari 41 negara yang dipastikan tampil di UCI Track Nation Cup. “Persiapan sejauh ini berjalan lancar dan Insya Allah akan dibuka oleh Ketua PB ISSI Bapak Listyo Sigit Prabowo,” kata Novian.

Terpisah, Manajer balap sepeda Tim Indonesia Budi Saputra berharap atlet-atletnya dapat memanfaatkan UCI Track Nation Cup dengan maksimal. “Kami sendiri berharap Bernard dapat masuk tiga besar dan Ayu tembus 10 besar. Mereka sudah sering bermain di velodrome ini, itu menjadi keuntungan bagi kami  kendala bagi pembalap dari Eropa dan Amerika.