SEA Games
NOC Indonesia Umumkan MNC Group Pemilik Hak Siar SEA Games Kamboja
 02 May 2023
Penulis : NOC Indonesia
MNC Group Named Exclusive Broadcaster of SEA Games 2023 Cambodia - Indonesia Olympic Commitee
Credit: NOC Indonesia

JAKARTA (02/05/23) - Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) mengumumkan MNC Group sebagai pemilik hak siar eksklusif SEA Games 2023 Kamboja di Indonesia. MNC Group bakal menyiarkan secara  resmi perjuangan atlet-atlet Tim Indonesia untuk semua cabang olahraga (cabor) pada semua platform, baik free to air, pay tv, dan OTT.

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari mengatakan MNC Group adalah pemilik hak siar resmi SEA Games Kamboja di Indonesia. Meski demikian, MNC Group memperbolehkan TVRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik Indonesia. Masyarakat Indonesia menyiarkan pertandingan secara terbatas di beberapa cabor.

“MNC Group kembali menjadi official broadcaster SEA Games Kamboja. Ini merupakan komitmen yang telah disepakati MNC dengan NOC Indonesia. Mereka akan menyiarkan semua cabang olahraga,” kata Okto, sapaan Raja Sapta.

Perjuangan semua atlet Tim Indonesia akan disiarkan free to air (RCTI, MNC TV, iNews), pay tv (MNC Sports, MNC Sports 2, MNC Sports 3, dan Soccer Channel, serta OTT (RCTI Plus dan Vision Plus).

Sementara, TVRI mendapat izin dari MNC Group untuk menyiarkan beberapa cabor, yakni akuatik (polo air, loncat indah, dan renang), karate, kun khmer, hoki lapangan, dan bulu tangkis (terbatas dan tidak untuk pertandingan atlet Indonesia).

Sebagai informasi, sesuai dengan regulasi yang tertulis dalam Pasal 53 Piagam South East Asian Games Federation (SEAGF) menulis secara tegas bahwa ‘Hak peliputan media di wilayah masing-masing NOC dipegang oleh masing-masing NOC. Stasiun radio/televisi yang berkenan untuk menyiapkan multi-event tersebut harus lebih dulu mendapatkan persetujuan NOC’.

Koordinator Broadcast NOC Indonesia Linda Wahyudi menjelaskan semua media televisi dan digital diperbolehkan meliput SEA Games selama memiliki akreditasi media. Hanya saja terbatas untuk kepentingan news atau pemberitaan.

“Semua media boleh meliput, tetapi ada aturannya, yakni hanya berdurasi 3-5 menit. Peliputan mereka hanya untuk kebutuhan pemberitaan, bukan untuk siaran langsung di field of play. Sebab, terkait hak siar sudah dimiliki secara eksklusif oleh MNC Group,” ujar Linda yang juga menjabat sebagai anggota Komisi Sport for All NOC Indonesia.

SEA Games Kamboja merupakan edisi ke-32. Ini adalah kali pertama Kamboja menjadi tuan rumah pesta (multievent) olahraga solidaritas negara kawasan ASEAN.

Tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam yang dipimpin Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim berpartisipasi di 31 cabor. Tim Indonesia mendapat dukungan dari official patners, Li-Ning, MyTours, NusaPay, Gudangkripto, Pocari Sweat, Essenza, Bagasi, Berdikari Logistik Suplai.