Berita Komite Olimpiada Asia
OCA: E-Sports Beri Bobot pada Asian Games
 18 Dec 2020
Penulis : Tim NOC
OCA Says E-Sports Will 'Add Value' to Asian Games - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Komite Olimpiade Asia percaya masuknya esports dalam program kompetisi Asian Games ke-19 di Hangzhou, China, pada 2022 akan memberi bobot pada pesta olahraga terbesar milik OCA.

Esports dan breakdance akan menjalani debut sebagai cabang yang memperebutkan medali secara resmi dalam Hangzhou 2022 setelah disetujui dalam OCA General Assembly ke-39 di Muscat, Oman, pada 16 Desember 2020.

Direktur Asian Games OCA, Haider Farman, mengatakan OCA siap menyambut komunitas esports di Hangzhou.

Dalam pesan videonya, Farman mengatakan, "Sebuah kehormatan dan kegembiraan yang luar biasa bagi saya membawa kabar gembira untuk anda bahwa esports telah masuk dalam daftar cabang olahraga untuk Asian Games 2022 di Hangzhou. Partisipasi anda di Asian Games seabgai atlet, ofisial, dan perangkat pertandingan akan menjadi kehormatan besar bagi semua orang. Saya harap esports akan memberi bobot pada Asian Games dan saya yakin itu akan terjadi di masa depan, dalam Asian Games 2022 dan gelaran selanjutnya."

OCA mengatakan bahwa Federasi Esports Asia, mitra OCA sebagai federasi kontinenntal, akan bertanggung jawab untuk semua masalah teknis dan juga operasional di Hangzhou, di mana ada enam medali emas yang diperebutkan.

"Kami tak sabar untuk bekerja sama dengan Federasi Esports Asia dalam Asian Games dan dalam persiapannya," kata Farman.

OCA telah mengawali pengembangan dan pengakuan esports dalam pesta olahraga internasional dan mengakui daya tarik yang luas di kalangan generasi yang lebih muda dalam dunia olahraga yang terus berubah ini.

Esports pertama kali menjadi kompetisi yang memperebutkan medali dalam Asian Indoor Games di Makau pada 2007 dan menjadi cabang eksibisi di Asian Games 2018 di Jakarta.

Breakdance juga akan menjadi kompetisi resmi dengan dua nomor. Hal ini berarti breakdance dipertandingkan dua tahun lebih awal di Asia daripada di Olimpiade, yang rencananya baru akan masuk dalam kompetisi resmi di Paris 2024.

Asian Games 2022 akan berlangsung pada 10-25 September 2022, dengan 40 cabang olahrag, 61 disiplin, dan 482 nomor.