Berita Olimpiade Indonesia
OCA Resmi Batalkan Gelaran AIMAG Ke-6 2021
 19 Aug 2024
Penulis : NOC Indonesia
OCA Officially Cancels the 6th AIMAG 2021 - Indonesia Olympic Commitee
Credit: OCA

JAKARTA (19/8/2024) - Dewan Olimpiade Asia (OCA) secara resmi mengkonfirmasi pembatalan gelaran Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG) ke-6 2021 yang dijadwalkan berlangsung di Bangkok dan Chonburi, Thailand dari 21-30 November 2024.

 

Keputusan itu diambil setelah OCA menggelar rapat darurat yang dilakukan secara daring pada Kamis (15/8/2024). Dalam rapat tersebut disepakati pembatalan diambil setelah tidak tersedianya anggaran, infrastruktur serta tidak terpenuhinya persyaratan yang terdapat dalam Host City Contract (HCC) oleh tuan rumah, Thailand.

 

"Begitulah keadaan saat ini, tetapi OCA telah membuka kemungkinan bagi Thailand untuk menyelenggarakan acara yang sama di masa depan," kata Gubernur Otoritas Olahraga Thailand (SAT), Dr Gongsak Yodmani.

 

Dewan Eksekutif OCA juga telah memberikan waktu hingga Senin (19/8/2024) pukul 17.00 kepada Komite Penyelenggara untuk memberitahukan OCA jika persyaratan Host City Contract dapat terpenuhi. Jika tidak, pembatalan otomatis akan diterapkan.


OCA juga telah mendistribusikan surat edaran pembatalan tersebut yang ditandatangani Raja Randhir Singh selaku Acting President kepada seluruh anggotanya, termasuk Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia).

 

Selain itu, Dewan Eksekutif OCA juga telah memutuskan edisi berikutnya dari AIMAG akan diadakan di Riyadh, Arab Saudi pada 2025. Kepastian tanggal penyelenggaraan disebut yang akan diumumkan kemudian.

 

Sebelumnya, gelaran AIMAG Ke-6 dijadwalkan pada 21-30 Mei 2021, kemudian ditunda ke 10-20 Maret 2022. Pada General Assembly di Bangkok 8 Juli 2023 lalu, OCA menjadwalkan ulang gelaran AIMAG 2021 pada 21-30 November 2024 sampai akhirnya dibatalkan.

 

“Harap terima permohonan maaf saya yang tulus. Meskipun telah dilakukan berbagai upaya untuk melanjutkan diskusi dengan pihak-pihak terkait dan OCA, upaya-upaya ini sayangnya berujung pada kesimpulan yang tidak memuaskan,” ujar Dato Seri Chaiyapak Siriwat, Wakil Presiden, Komite Olimpiade Nasional Thailand.

 

“Saya menyampaikan simpati saya kepada semua Asosiasi Nasional, atlet, dan staf yang telah menginvestasikan tidak hanya sumber daya fisik dan waktu mereka tetapi juga sumber daya finansial mereka dalam persiapan untuk Games ini,” tutup Siriwat yang juga sekaligus Wakil Presiden, OCA untuk AIMAG ke-6.

.