Berita Olimpiade Indonesia
OCA Tetapkan Jadwal AIMAG 2023
 20 Nov 2021
Penulis : Tim NOC
New dates for postponed AIMAG confirmed - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Asian Indoor and Martial Arts Games (AIMAG) yang sedianya diadakan di Thailand telah menerima tanggal baru. Dewan Olimpiade Asia (OCA) memutuskan lewat pertemuan Dewan Eksekutif bahwa AIMAG edisi keenam di Thailand akan diadakan pada 17-26 November 2023.

AIMAG sedianya dilangsungkan pada 21-30 Mei silam namun ditunda ke Maret 10-19, 2022 karena pandemi COVID-19. Tetapi Komite Olimpiade Thailand bulan lalu meminta agar event tersebut ditunda ke tahun 2023.

Dato Seri Chaiyapak Siriwat dari Thailand menghadiri rapat Dewan Eksekutif OCA secara online, dimana ia mengakui bahwa keputusan untuk menunda AIMAG untuk kedua kalinya bukanlah keputusan yang mudah.

"Thailand sangat berkeinginan untuk menjadi tuan rumah event olahraga internasional dan kami akan menyambut anda semua pada tahun 2023 mendatang," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, OCA juga memutuskan secara aklamasi bahwa Arab Saudi akan menjadi tuan rumah AIMAG edisi ketujuh pada tahun 2025 mendatang.

AIMAG merupakan event multi-olahraga terbesar kedua OCA setelah Asian Games. Edisi kelima AIMAG diadakan pada tahun 2017 silam di Ashgabat, Turkmenistan dimana lebih dari 4.000 atlet dari 63 negara, termasuk 18 negara undangan dari Oseania, berpartisipasi. AIMAG mempertandingkan olahraga tradisional Asia seperti Sepak Takraw, Pencak Silat, dan Muaythai bersama dengan beberapa nomor Olimpiade seperti bola basket 3x3, badminton, dan taekwondo.

Di AIMAG 2017, Indonesia meraih 20 medali, dua diantaranya merupakan medali emas sumbangan dari tennis indoor dan taekwondo.