SEA Games
Panah Emas Recurve Beregu Putra
 18 May 2022
Penulis : NOC Team
Indonesia came from behind to win the gold medal in Men's Recurve - Indonesia Olympic Commitee
Credit: -

Tim Recurve Putra Indonesia tampil dominan di SEA Games 2021 Vietnam. Mereka merengkuh medali emas bagi Merah Putih pada hari ke-15 penyelenggaraan pesta olahraga kawasan Asia Tenggara edisi ke-31 ini.

Merah Putih yang dipenggawai tiga Arjuna Alviyanto Bagas Prastyadi, Arif Dwi Pangestu, Riau Ega Agatha Salsabilla tampil dominan menghadapi tuan rumah yang diwakili Duc Anh Chu, Van Linh Nong, dan Duy Nguyen pada partai final. Indonesia menang 6-2. di Ha Noi National Sports Training Center, Rabu (18/05).

Meski menang meyakinkan, Indonesia sempat mendapat perlawanan sengit dari Vietnam. Terbukti tuan rumah yang mendapat dukungan suporter sempat unggul 2-0 lebih dulu.

Namun ketenangan menjadi kunci sukses Riau Ega dkk. Secara perlahan, Tim Recurve Beregu Putra bangkit hingga mampu membalikkan kedudukan.

“Semula kami masih beradaptasi dengan stage-nya biar bisa merasakan feel-nya. Makanya waktu anak panah pertama, kami sempat turun," kata Riau Ega.

"Yang berlaga di sini rata-rata levelnya tinggi semua. Jadi kami tetap lakukan yang terbaik dan dapat hasil maksimal.”

Arif mengaku proses adaptasi timnya terhadap angin dan situasi pertandingan relatif cepat. Hal ini membantu berhasil mengeluarkan performa maksimal.

“Pada sesi latihan kemarin, angin lumayan kencang dari kanan ke kiri dan sebaliknya. Namun berbeda saat kami naik stage, justru tak ada angin," kata Arif.

Kondisi serupa, dikatakan Arif, sama seperti kejadian di 2019. Kala itu, situasi dan kondisi angin di venue pertandingan sama seperti di Vietnam saat ini.

"Jadi dari pengalaman kemarin, di seri (gim) pertama tadi digunakan untuk pengenalan anak panah. Setelah itu seri kedua sudah mantap dan langsung di gas terus," tambahnya.

Ini merupakan medali emas pertama dari cabang panahan pada SEA Games Vietnam. Panahan masih berpotensi menambah perolehan medali karena ada  wakil Indonesia yang juga turun di beberapa nomor pada final hari ini.