SEA Games
Parade Defile Tim Indonesia Representasikan Keberagaman Nusantara
 12 May 2022
Penulis : NOC Team
Tim Indonesia to showcase cultural diversity in Opening Ceremony - Indonesia Olympic Commitee
Credit: -

Tim Indonesia yang dipimpin Chef de Mission (CdM) Ferry Kono hadir dalam parade defile opening ceremony SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Miyn Dihn, Ha Noi Kamis (12/05) pukul 19.00 WIB.  Pasukan Merah Putih berencana memamerkan keberagaman budaya Indonesia.

Ferry mengatakan atlet Tim Indonesia yang mengikuti parade defile akan mengenakan polo shirt putih berbalut cardigan merah yang dipadukan dengan celana berwarna cream. Yang unik adalah semua yang ikut defile bakal mengenakan ikat kepala dari provinsi-provinsi di Indonesia. Mereka juga akan mengenakan sepatu merek lokal Fine Counsel milik Greysia Polii.

“Kami memilih tema sporty casual milenial untuk menampilkan bahwa Tim Indonesia didominasi atlet junior, sehingga tidak perlu mengenakan kostum yang terlalu berat dan sepatu yang digunakan menunjukkan kita bangga dengan produk buatan Indonesia,” kata Ferry.

Ferry berharap kostum yang digunakan para atlet Tim Indonesia di parade defile dapat menampilkan kesederhanaan masyarakat Indonesia dalam bersosialisasi dengan negara-negara ASEAN. Di samping itu juga untuk mempromosikan bahwa Indonesia memiliki keberagaman budaya.

“Di sisi lain, kami tetap ingin menampilkan kekayaan budaya Indonesia, sehingga kami pilih ikat kepala. Tidak hanya satu daerah, tetapi semua provinsi di Indonesia untuk merepresentasikan keberagaman budaya Nusantara,” ujar Ferry.

Tim Indonesia yang mengikuti parade defile nanti berjumlah 29 orang. Ferry sebagai pemimpin kontingen akan berjalan di depan bersama flag bearer Emilia Nova, diikuti ke-23 atlet dari empat cabang olahraga yakni atletik, renang, jujitsu dan esports serta didampingi lima perwakilan headquarter.

Pemilihan atlet yang mengikuti parade defile ini, tambah Ferry, disesuaikan dengan jadwal atlet yang baru bertanding pada 14 Mei. “Jadi kami juga ingin menjaga kondisi atlet agar tidak kelelahan saat Pertandingan,” terang Ferry.

Di sisi lain, Ferry sebagai ketua kontingen mengenakan Takowa Kiki, yakni baju Raja Gorontalo yang biasa digunakan saat turun lapangan meninjau keadaan rakyatnya. Ornamen rantai emas di kiri dan kanan celana yang menyimbolkan seorang raja harus berpihak netral. Sedangkan rantai emas mengartikan sebagai seorang pemimpin perlu memiliki kesabaran.

Baju yang akan dikenakan CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games sangat colorful, kuning, hijau, ungu, dan dominasi merah. Warna ini menyimbolkan kerajaan adat Gorontalo dahulu kala serta mencerminkan semangat, kepercayaan diri dan ketegasan.

“Saya dari Gorontalo dan baju ini didesain oleh desainer lokal di sana. Ini menjadi bentuk bahwa banyak potensi-potensi yang luar biasa di seluruh pelosok Indonesia,” tambah Ferry.

Tim Indonesia yang mendapat dukungan dari official patners, seperti Wall’s dan Li-Ning, serta official media patner Merah Putih Media berkekuatan 499 atlet serta 214 official yang berpartisipasi di 32 cabor.

Ini merupakan SEA Games ke-31 serta menjadi kali kedua Vietnam tampil sebagai tuan rumah multievent bergengsi dua tahunan kawasan Asia Tenggara. Kali terakhir, Vietnam menjadi tuan rumah pada 2003.

Pada pembukaan nanti, Vietnam berencana menggunakan sejumlah teknologi seperti mapping, AR (augmented reality), dan EX (extended reality). Selain itu, juga ada gambar grafis simbol 40 cabor yang dilukiskan melalui karya Dong Ho atau kerajinan tradisional Vietnam.

Parade Defile Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam

1    Emilia Nova    (Atletik) - pembawa bendera
2    Ferry Kono    (CdM)
3    Halomoan Edwin Binsar    (Atletik)
4    Adith Rico Pradana    (Atletik)
5    Hasruni Rahim    (Atletik)
6    Sunardi Muliawan    (Jujitsu)
7    M. Nurul Fikri    (Jujitsu)
8    Ananda Mauludi Ikhsan    (Jujitsu)
9    Allison Claudio Braga    (Jujitsu)
10    Flairene Candrea    (Swimming)
11    Patricia Yosita Hapsari    (Swimming)
12    Pande Made Iron    (Swimming)
13    AA Istri Kania Ratih    (Swimming)
14    Donny B Utomo    (Swimming)
15    Van Ricjkar    (Swimming)
16    Joe Aditya Kurniawan    (Swimming)
17    Eko Sulistyanto    (Swimming)
18    Angel Gabrilla Yus    (Swimming)
19    Erick Ahmad Fathoni    (Swimming)
20    Hendry Suryaatmadja Sutanto    (Swimming)
21    Albert C. Sutanto    (Swimming)
22    Calvin Winata    (E-Sport)
23    Nizar Lugatio Pratama    E-(E-Sport)
24    Evan Jordan    E-(E-Sport)
25    Hengky Istianto Has    (HQ)
26    Dadang Bayu Sarifudin    (HQ)
27    Arlan Perkasa Lukman    (HQ)
28    Tirfan Putera    (HQ)
29    Zaenal Asikin    (HQ)