Berita Olimpiade Indonesia
PBSI Bidik Sebanyak Mungkin Tempat di Tokyo
 12 Apr 2021
Penulis : Tim NOC
PBSI Aims to Secure Maximum Tokyo Spots - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Dengan dua bulan jelang berakhirnya kualifikasi Olimpiade Tokyo, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) berusaha mengamankan sebanyak mungkin tiket menuju Tokyo.

Menurut peringkat kualifikasi Olimpiade Tokyo yang dirilis oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), Indonesia saat ini sudah mengamankan masing-masing dua tempat di nomor tunggal dan ganda putra, satu tempat di ganda putri, serta satu tempat untuk ganda campuran.

Kepala Sub-Bidang Pembinaan Prestasi PBSI, Riony Mainaky, mengatakan Indonesia masih memiliki peluang untuk menambah satu pasangan lagi di ganda campuran karena masih ada waktu untuk mencuri poin.

"Posisi Gloria dan Hafiz masih belum aman. Saat ini, mereka ada di urutan delapan peringkat Race to Tokyo, dan mereka membutuhkan poin agar bisa lolos ke Tokyo," kata Riony tentang pasangan ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Kualifikasi Olimpiade Tokyo untuk cabang bulutangkis akan berakhir pada 13 Juni, dan masih ada tiga turnamen yang menyediakan poin kualifikasi Olimpiade. Turnamen tersebut adalah India Open dan Malaysia Open pada bulan Mei, serta Singapore Open pada Juni.

"Gloria dan Hafiz harus bekerja keras agar bisa mendapatkan poin di India, dan mereka harus menjaga kondisi mereka. Mereka harus fokus agar mampu mendapatkan hasil yang bagus," ujar Riony lagi.

Total kuota untuk bulutangkis adalah 172 tempat, dan jumlah maksimal yang bisa diloloskan setiap NOC adalah masing-masing delapan atlet putra dan putri.

Tersedia dua tempat untuk setiap NOC di nomor tunggal jika terdapat dua atlet dalam peringkat 16 besar per 15 Juni. Di nomor ganda, setiap NOC bisa mengirimkan dua pasangan jika terdapat dua pasangan dalam peringkat delapan besar. Setelah babak kualifikasi berakhir, BWF akan mengumumkan peringkat Race to Tokyo pada 15 Juni.