Olimpiade 2024 Paris
Peraih 2 Medali Emas Tim Indonesia Ikut Defile Tim Indonesia di Closing Ceremony Olimpiade Paris 2024
 11 Aug 2024
Penulis : NOC Team
Indonesia's 2 gold medalists join team defile at Paris 2024 Closing Ceremony. - Indonesia Olympic Commitee
Credit: NOC Indonesia/Naif Al As

PARIS (11/8/2024) - Defile Tim Indonesia di closing ceremony Olimpiade Paris 2024 berjumlah 15 orang. Dua di antaranya adalah peraih medali emas.

Adalah Veddriq Leonardo dari cabang panjat tebing dan Rizki Juniansyah dari angkat besi yang akan menggunakan jaket dan celana khusus yang dirancang desainer kenamaan, Didit Hediprasetyo untuk sang juara. Lifter berjuluk "hulk", Rizki  sekaligus menjadi pembawa bendera Tim Indonesia di closing ceremony kali ini.

Ikut dalam rombongan defile adalah atlet angkat besi yang turun di kelas +81kg Nurul Akmal serta tiga atlet panjat tebing lainnya, Rahmad Adi Mulyono, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rajiah Sallsabilla.

Selain itu, ada juga pelatih panjat tebing, Triyanto Budi Santosa, pelatih angkat besi Triyatno, Rusli dan Bayu Baskoro. Ada juga dokter Tim Indonesia, Shopia Hage dan Andhika Raspati serta Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (PB FPTI) Yenny Wahid serta dua perwakilan Tim Chef de Mission (CdM) Arkan Lukman dan Zaenal Asikin.

"Closing ceremony ini akan menjadi sangat menegsankan karena pertama, atlet yang mendapatkan medali emas ikut satu defile. Ini sesuatu yang spesial bagi mereka bisa tampil di defile dengan bermodalkan medali emas yang mereka raih di Olimpiade Paris 2024," kata Anindya Bakrie, Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia.

Upacara penutupan Olimpiade Paris 2024 disebut bakal menyajikan kenangan yang tak terlupakan yang dirancang oleh Thomas Jolly dan tim.

"Sebuah kehormatan kami bisa kembali lagi di stadion nasional Stade de France. Kita semua akan merayakan keberhasilan para atlet bersama dengan seluruh dunia dalam cara yang sangat indah," kata Tony Estanguet, Ketua Pelakssana Paris 2024.

Upacara penutupan Olimpiade ini akan ditandai dengan keberanian, persaudaraan, dan emosi. Berlokasi di Stade de France, para atlet dari seluruh dunia akan mewakili negara mereka untuk terakhir kalinya dalam momen perayaan menyambut sang juara sekaligus menatap Los Angeles yang akan menjadi tuan rumah  Olimpiade 2028.

Nama-nama besar seperti Tom Cruise disebut bakal turun dari atas Stade de France membawa bendera Olimpiade. Ada juga penampilan Billie Eilish, Snoop Dogg, dan Red Hot Chili Peppers.

"Tom Cruise, pemusik global dikabarkan akan ambil bagian. Ini membuat harusnya lebih entertaining. Bedanya, pembukaan kan lebih mengedepankan Paris, Prancis sebagai host dengan sejarah dan atraksinya. Tapi closing ceremony lebih menghibur dan kita akan menikmati lebih banyak karena sudah ada hasil yang patut kita syukuri," ujar CdM Anindya.

Di Olimpiade Paris 2024, Tim Indonesia membawa pulang dua medali emas dan satu perunggu. Perunggu diraih Gregoria Mariska Tunjung dari tunggal putri bulutangkis.

Capaian itu membuat Tim Indonesia berada di peringkat ke-39 di klasemen akhir perolehan medali Olimpiade Paris 2024.

Di Olimpiade Paris 2024, Tim Indonesia berpartner dengan Aice yang juga merupakan Olympic Partner, Li-Ning, Didit Hediprasetyo Foundation, Lavani Jewelry, Kings Travel, Samsung. Serta didukung oleh On Point, Oakley, Canon Indonesia dan Lumix Indonesia.

 

#MenjagaMerahPutih

#NoRacism

#NoDiscrimination

#KeepSportsAsNeutralZone