SEA Games
Sejarah Emas Masniari Wolf
 15 May 2022
Penulis : NOC Team
Wolf's Historic Gold - Indonesia Olympic Commitee
Credit: -

Kejutan besar dibuat Masniari Wolf di SEA Games 2021 Vietnam. Perenang berdarah Batak-Jerman ini sukses mengamankan medali emas di nomor 50m gaya punggung putri.

Tampil di My Dinh Water Sport Palace, Ha Noi, Minggu (15/05), Masniari finis tercepat usai membukukan catatan waktu 29,210 detik. Ia dibuntuti perenang Filipina Jessica Joy Geriane Taguba (29,350 detik) serta rekan senegara Anak Agung Istri Kania Ratih Atmaja 29,210 detik yang mendapat perunggu.

“Saya senang bisa mendapatkan emas di SEA Games ini, terutama karena ini menjadi debut saya di SEA Games dan membela Indonesia,” kata Masniari.

Persembahan emas yang diraih dara 16 tahun ini sekaligus menjadi kejutan luar biasa. Sebab, Masniari merupakan perenang yang namanya baru masuk jelang keberangkatan ke SEA Games setelah Tim Review mengabulkan satu nama yang diusulkan PB PRSI.

Tak hanya itu, catatan prestasi Maniari sekaligus menjadi sejarah baru. Ia mengakhiri puasa medali emas 11 tahun dari renang putri di SEA Games. Terakhir, Yessy Yosaputra yang meraih emas di nomor 200 m gaya punggung putri di SEA Games 2011 Palembang.

Hari Ini, Tim Renang Indonesia berhasil mendapatkan 1 medali emas dan 4 perunggu. Tiga perunggu lainnya diamankan Glenn Victor Sutanto (50m gaya dada putra) dan Aflah Fadlan Prawira (400 m gaya ganti perorangan), serta Ressa Kania Dewi dkk yang turun di nomor estafet 4x100m gaya bebas.

Sementara itu, Chef de Misson (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam Ferry J Kono menuturkan, kontingen yang dipimpinnya terus bersaing ketat. Terutama dengan Filipina dan Thailand.

“Alhamdulillah kami berhasil mengumpulkan 19 medali emas dengan persembahan terakhir diberikan cabang Esports yang turun di nomor free fire yang mendapatkan satu emas dan satu perak melalui penampilan Indonesia 1 dan Indonesia 2,” kata Ferry yang ditemui wartawan di Hanoi, Minggu (15/5). “Semua masih on the track

Ferry optimistis kontingen Indonesia terus melejit lantaran beberapa hari ke depan banyak cabor unggulan yang dipertandingkan. Seperti kano, cycling dan lainnya.

Apalagi dari 499 atlet yang diberangkatkan ke SEA Games Vietnam semuanuya memiliki potensi meraih medali emas. “Seluruh masyarakat Indonesia berharap mereka bisa menunjukkan hasil yang terbaik,” kata pria yang juga menjabat Sekjen NOC Indonesia itu.

Salah satu cabor yang membuat kejutan adalah Golf. Dimana atlet Indonesia Amandeus Christian Susanto berhasil meraih medali perak. “Itu menjadi sejarah yang luar biasa untuk golf Indonesia,” kata Ferry.