Berita Komite Olimpiade Indonesia
Talk Show Bersama Pengurus Olahraga Tutup Program Sehat Bersama WINS
 18 Dec 2021
Penulis : Tim NOC
Talk Show with Sports Administrators Concludes Get Healthy with WINS Program - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Talk show bersama tokoh olahraga perempuan dan kelas aerobik online mengakhiri program Sehat Bersama WINS pada Jumat (17/12).

Ketua Komisi Women in Sport Susan Soebakti menjadi pembicara utama dan Kepala Bidang Pertandingan dan Perwasitan PBSI Mimi Irawan menjadi pembicara tamu dalam talk show ini. Keduanya berbagi pengalaman mereka menjadi pengurus olahraga.

Mimi, yang juga anggota Komisi Sports for All Komite Olimpiade Indonesia, adalah tokoh di balik penyelenggaraan Indonesia Badminton Festival, yang terdiri dari tiga turnamen bulutangkis papan atas - Indonesia Master, Indonesian Open, dan BWF World Tour Finals - yang berlangsung di Bali pada 16 November hingga 5 Desember 2021. Dia mengawali karir di olahraga dengan bermain bulutangkis di sebuah klub sebagai hobi, yang kemudian meningkat ke level klub, hingga akhirnya dipercaya menjadi ketua PBSI Jakarta Timur.

"Saya belajar bulutangkis secara otodidak. Dari situ, saya bermain di tingkat klub hingga menjadi ketua PBSI Jakarta Timur. Selain itu, saya belajar tentang penyelenggaraan pertandingan secara otodidak. Bukan karena saya punya cita-cita sebagai event organizer, tapi bagi saya jika menjadi pengurus kita harus mengetahui dan menguasai peraturan," katanya.

Susan mengawali karir olahraganya sebagai atlet tenis junior. Dia sempat bermain bersama para legenda tenis Indonesia, seperti Lita Sugiarto, Lany Kaligis, dan Yolanda Soemarno. Setelah menggantung raket, dia terpilih sebagai ketua Pelti Balikpapan, dan saa ini sudah bergabung dengan kepengurusan Pelti Pusat selama kurang lebih 20 tahun.

Susan berharap para perempuan dapat mendapatkan inspirasi dari talk show ini dan tidak ragu untuk menjadi pengurus olahraga.

"Kami sangat bangga dengan apa yang telah Bu Mimi lakukan dalam penyelenggaraan Indonesia Badminton Festival. Sejalan dengan misi kami, Komisi Women in Sport mengundang para wanita untuk membangun olahraga nasional. Kami berharap cerita Bu Mimi dapat menginspirasi mereka," katanya.

Talk show dan kelas aerobik online mengakhiri rangkaian program Sehat Bersama WINS yang berlangsung selama lima pekan. Susan mengatakan bahwa program ini menjadi awal bagi program-program selanjutnya.

"Kami sangat bersyukur karena acara ini berjalan dengan baik. Saya berterima kasih kepada para sponsor Perusahaan Gas Negara, Milk Life, dan Cedea atas dukungannya. Saya juga berterima kasih kepada Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal, serta para staf yang telah mendukung acara ini. Meskipun ini adalah acara terakhir, tapi akan menjadi pembuka untuk kegiatan berikutnya. Kami berharap bisa bekerja sama dengan lebih banyak pihak pada tahun mendatang," ujarnya.