Berita Olimpiade Indonesia
Tawaran Indonesia untuk Olimpiade 2032
 23 Sep 2020
Penulis : Tim NOC
Indonesia's bid for 2032 Olympics - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Komite Olimpiade Nasional Indonesia (NOC) mengatakan bahwa negara tersebut tidak memiliki kota selain Jakarta untuk proposal yang direncanakan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, mengakhiri spekulasi baru-baru ini tentang kemungkinan rencana untuk mengusulkan ibu kota masa depan negara di Kalimantan Timur sebagai kota tuan rumah.

Dalam wawancara telepon pada Kamis malam, ketua NOC Raja Sapta Oktohari mengatakan kepada The Jakarta Post bahwa partainya akan selalu memilih Jakarta sebagai kandidat terkuat untuk menjadi tuan rumah acara empat tahunan, menambahkan bahwa mengadakan Olimpiade di tempat lain akan melanggar Komite Olimpiade Internasional (IOC). ) prinsip keberlanjutan. “Selama komunikasi saya dengan [Presiden Joko“ Jokowi ”Widodo], tidak ada tempat lain yang disebutkan, hanya Jakarta. Ada lagi yang hanya spekulasi, ”katanya.

Strategi keberlanjutan IOC adalah salah satu elemen kunci selain pemuda dan kredibilitas dalam Agenda Olimpiade 2020 organisasi. Memaksimalkan penggunaan tempat yang ada adalah salah satu aspek utama dari strategi itu.

Strategi keberlanjutan memberikan kelonggaran untuk pembangunan tempat baru tetapi dengan catatan bahwa itu harus layak dan memiliki “jejak lingkungan minimal”, dokumen IOC menyatakan.

Ini akan dilanggar jika Indonesia mencalonkan tempat baru, yang akan memaksa kami untuk membangun tempat olahraga baru untuk Olimpiade 2032, kata Okto. Sebelumnya, Reuters memberitakan bahwa pemerintah Indonesia sedang “mengevaluasi” rencana tender Olimpiade 2032 dengan masuknya ibu kota baru di Kalimantan Timur sebagai kota kandidat Olimpiade Musim Panas.

Indonesia kemungkinan akan menghadapi tantangan berat dari Brisbane Australia, yang telah mengumumkan pencalonannya untuk Olimpiade 2032. Pada Februari lalu, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengumumkan peletakan batu pertama ibu kota baru yang akan dibangun di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartenagara, akan dimulai Juli ini karena pemerintah pusat sedang mengerjakan mempercepat pembentukan regulasi dan masterplan ibu kota baru.