Berita Olimpiade Internasional
Thomas Bach Kembali Terpilih sebagai Presiden IOC
 11 Mar 2021
Penulis : Tim NOC
Thomas Bach Re-elected as IOC President for Second Term - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Thomas Bach kembali terpilih sebagai Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk periode kedua dalam IOC Session ke-137 yang berlangsung secara daring, Rabu (10/3), dan akan memimpin IOC hingga empat tahun ke depan.

Sebagai calon tunggal, Bach mendapatkan 93 suara yang mendukung dan satu suara yang tidak mendukung dari 94 suara yang sah.

Bach, yang merupakan juara Olimpiade Montreal tahun 1976 saat membantu tim Jerman menjuarai nomor beregu foil cabang anggar, terpilih sebagai Presiden IOC dalam IOC Session pada tahun 2013 di Buenos Aires, yang memberinya periode delapan tahun pertama. Periode ini berakhir saat penutupan Olimpiade Tokyo, pada 8 Agustus tahun ini, seperti yang ditetapkan oleh Dewan Eksekutif IOC. Periode kedua sebagai Presiden IOC akan dimulai setelah itu dan akan berakhir pada tahun 2025.

"Terima kasih dari hati yang paling dalam atas suara dan kepercayaan yang luar biasa ini. Bagi saya, ini bahkan lebih luar biasa mengingat banyak perubahan dan banyak keputusan sulit yang harus kami ambil, yang mempengaruhi kita semua," kata Bach setelah pemilihan.

"Anda tahu ini sangat menyentuh bagi saya. Juga membuat saya sangat terharu. Ketika anda memilih saya sebagai Presiden untuk pertama kali pada 2013 di Buenos Aires, saya mengatakan bahwa saya ingin memimpin IOC menurut motto kampanye saya bersatu dalam perbedaan dan menjadi Presiden bagi anda semua dan bagi seluruh pemangku kepentingan. Komitmen ini juga masih berlaku untuk periode kedua dan terakhir saya. Pintu, kuping dan hati saya tetap terbuka untuk anda semua. Saya harap saya bisa mengandalkan dedikasi, dukungan, dan persabahatan anda semua dalam empat tahun ke depan."

Sebagai atlet, Thomas Bach adalah atlet anggar kelas dunia, karena tidak hanya mendapatkan medali emas Olimpiade, tapi juga dua medali emas bersama tim Anggar Jerman dalam Kejuaraan Dunia di Montreal pada 1976 dan di Buenos Aires pada 1977. Bach adalah anggota pendiri Komisi Atlet IOC pada 1981, dan bertahan hingga 1988. Pada 1991, Bach menjadi anggota IOC dan duduk sebagai Dewan Eksekutif IOC pada 1996 hingga 2013. Bach menjadi Wakil Presiden IOC pada 2000 hingga 2004, 2006 hingga 2010, dan dari 2010 hingga terpilih sebagai Presiden IOC pada September 2013.

Sumber: IOC