SEA Games
Tiara Berharap Bisa Lebih Banyak Ikuti Kompetisi Internasional
 17 May 2022
Penulis : NOC Team
Tiara hopes to get more experience in international competitions - Indonesia Olympic Commitee
Credit: -

Jakarta – Kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam 2021 dari cabang olahraga (cabor) Sepeda telah kembali ke tanah air Senin (16/5) malam pada pukul 22.40 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Cabor Sepeda dari nomor MTB tiba di Indonesia bersamaan dengan cabor Jujitsu dan E-sport yang kemudian disambut oleh Wakil Sekretaris Jenderal II Komite Olimpiade Indonesia Wijaya Noeradi serta Raden Isnanta Deputi 3 Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Atlet peraih medali emas di nomor Women’s MTB Downhill Tiara Prastika Andini mengaku senang kepulangannya disambut meriah oleh beberapa stakeholder olahraga di Indonesia. Tiara juga menyatakan rasa terima kasihnya atas dukungan dari masyarakat Indonesia.

“Yang pasti saya sangat bersyukur atas medali emas ini. Dan saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak seperti NOC Indonesia dan Kemenpora, dan PB ISSI yang sudah mensupport saya hingga saya bisa mendapat medali emas,” ucap Tiara.

Peraih medali perak SEA Games Filipina ini mengatakan bahwa sebelumnya memang ditargetkan emas, namun di Filipina Andini hanya berhasil meraih medali perak. Baru pada SEA Games Vietnam ini Tiara mampu memenuhi target medali emas.

“Mungkin waktu SEA Games 2019 mendapatkan medali perak belum sesuai target, karena sebenarnya targetnya emas pada waktu itu, hanya karena ada kendala cedera jadi hanya dapat Perak. Belajar dari situ saya perbaiki lagi fisik, teknik, dan melakukan TC panjang untuk menghadapi SEA Games Vietnam ini,” tambahnya lagi.

Selama jalannya pertandingan, Tiara mengatakan tidak ada kendala yang berarti kecuali sempat turun gerimis yang membuat sebagian trek menjadi lebih licin yang membutuhkan kontrol lebih baik

Tiara juga berharap untuk diikutkan lebih banyak kompetisi internasional agar mempunyai jam terbang lebih banyak yang otomatis meningkatkan daya saingnya.

“Harapannya semoga bisa mengikuti event seperti World Championship. Yah, lebih banyak ikut event-event diluar negeri lah,” tutupnya.

Selain cabor Sepeda, kontingen yang kembali tadi malam juga merupakan peraih medali yaitu dari cabor Ju Jitsu yang mendapatkan 2 medali perunggu dari Sunardi Muliawan yang turun pada nomor Men’s u 62 kg dan Muhamad Nurul Fikri yang bertanding pada nomor Men’s u 69 kg. Sedangkan dari cabor e-sport (Free Fire Mobile) berhasil membawa pulang medali Perak.