SEA Games
Tiga Besar SEA Games, NOC Indonesia fokus menuju Paris 2024
 23 May 2022
Penulis : NOC Team
After SEA Games, Paris 2024 the focus for NOC Indonesia - Indonesia Olympic Commitee
Credit: -

Setelah berjuang membela Indonesia di ajang multi olahraga terbesar se-Asia Tenggara di SEA Games ke-31 di Hanoi, Vietnam, kontingen Tim Indonesia kembali ke Tanah Air.

Pada Senin (23/5) setidaknya sembilan cabang olahraga kembali ke Indonesia dari Vietnam yakni Balap Sepeda, Catur, E-Sports, Kano/Kayak, Menembak, Sepak Bola, Sepak Takraw, Tenis, dan Vovinam.

Kedatangan kontingen Tim Indonesia untuk SEA Games ke-31 tersebut terbagi menjadi empat rombongan, dua rombongan tiba di pagi hari dan dua rombongan di malam hari.

Setibanya di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, mereka disambut oleh Ketua National Olympic Committee Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari beserta jajaran, serta perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Federasi Nasional dari masing-masing cabang olahraga.

Mengenai prestasi Tim Indonesia di SEA Games ke-31, Okto, sapaan Raja Sapta Oktohari, mengakui bahwa Tim Indonesia berhasil meningkatkan prestasi dibanding SEA Games 2019 di Filipina.

"Apa yang dicapai para atlet ini membanggakan kita semua karena sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan prestasi dari SEA Games sebelumnya. Kalau di Filipina kita mendapatkan posisi keempat, sekarang kita di tempat ketiga," ujar Okto.

Menurut Okto, prestasi ini tidak lepas dari program yang matang, sesuai dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang disusun oleh Kemenpora.

"Semua atlet yang berangkat ke SEA Games 31 sudah terseleksi dari tim verifikasi baik itu targetnya medali emas, perak, atau perunggu," tambahnya lagi.

Selepas SEA Games 2021, NOC Indonesia akan mulai menyiapkan program menuju Olimpiade Paris 2024.

"Para atlet memang disiapkan bukan hanya untuk SEA Games. Setelah ini ada Asian Games dan tahun depan ada kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Oleh karena itu, kami akan melakukan komunikasi lebih intensif karena NOC bisa memfasilitasi olahraga melalui federasi internasional. Ini semua kita lakukan untuk meningkatkan pembinaan dan prestasi olahraga yang ada di Indonesia," ucap Okto.

Ia menutup penyambutan kontingen Tim Indonesia dengan sebuah pesan.

"Terima kasih para atlet yang memberikan energinya untuk Indonesia. Jangan lupa kembali latihan untuk perlombaan berikutnya," ucap Okto.

Pesan serupa juga disampaikan oleh Deputi IV bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti.

"Hasil yang dicapai kali ini jangan membuat cepat berpuas diri, setelah istirahat dan bertemu keluarga secukupnya segera kembali lagi mempersiapkan event-event selanjutnya,"" tambah Chandra.