Jakarta (18/07/2024) – Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) mengumumkan kerja sama dengan sejumlah sponsor yang akan mendukung Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Para sponsor akan memberikan dukungan teknis maupun non-teknis terhadap kebutuhan Tim Indonesia.
Presiden NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari memberikan apresiasi tinggi kepada semua pihak yang bermitra Tim Indonesia. Peran sponsor dipastikan akan menjadi suntikan semangat bagi para atlet untuk tampil maksimal dalam mencapai prestasi tertinggi di multievent paling paripurna di dunia olahraga.
“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para sponsor yang mendukung Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Dukungan ini tentunya sangat berarti bagi atlet-atlet yang bertanding. Dan semoga ini menjadi katalisator bagi pihak-pihak swasta untuk terus mendukung prestasi olahraga Indonesia,” ucap Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari.
“Brand yang berkolaborasi dengan kami berasal dari berbagai bidang. Ini menjadi bukti bahwa dukungan terhadap olahraga itu bisa dari siapa saja dan dalam bentuk apa saja. Kami harap ini dapat menjadi insentif supaya semakin banyak sponsor lagi yang mendukung olahraga Indonesia,” imbuhnya.
Pada Olimpiade Paris 2024, NOC Indonesia pertama kalinya bekerja sama dengan AICE, perusahaan yang termasuk ke dalam TOP (The Olympic Partner). Kerja sama ini merupakan batu loncatan karena AICE merupakan perusahaan tingkat global yang memiliki hak ekslusif yang diberikan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) di Olimpiade.
“Terlebih lagi ada perusahaan yang merupakan The Olympic Partner, ini tentunya sebuah kemajuan bagi NOC Indonesia, ini akan meningkatkan brand awareness Tim Indonesia di mata internasional,” imbuh Okto
Untuk penyedia Olympic uniform, NOC Indonesia masih menggandeng produsen perlengkapan (apparel) asal China, Li-Ning sebagai mitra penyedia sports kit Tim Indonesia untuk Olimpiade Paris 2024.
NOC Indonesia juga bermitra dengan brand perhiasan lokal, Lavani. Dengan kampanye bertajuk “Teruntuk Nusantara”, Lavani akan mengiringi langkah Tim Indonesia untuk meraih gelar juara di Paris 2024.
Selain itu, NOC Indonesia juga menggandeng Kings Travel sebagai travel partner resmi. Segala bentuk akomodasi keberangkatan dan kepulangan akan didukung oleh Kings Travel.
Brand besar seperti Samsung yang juga merupakan TOP sponsor dunia turut memberikan kontribusi nyata terhadap Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Ada juga On-point dan Oakley yang juga turut mengambil bagian untuk mendukung Tim Indonesia di Paris nanti.
“Kami melihat value dari masing-masing brand official partner Tim Indonesia sejalan dengan kampanye kami, Menjaga Merah Putih. Kolaborasi dengan para sponsor ini diharapkan bisa turut memperluas sosialisasi Tim Indonesia maupun NOC Indonesia ke masyarakat, di mana olahraga harus jadi alat pemersatu bangsa,” tutup Okto.
Sampai saat ini sudah ada 29 atlet dari 12 cabang olahraga yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024. Jumlah ini melebihi Olimpiade Tokyo 2020 yang saat itu berjumlah 28 atlet dari 8 cabang olahraga sekakigus terbanyak sejak 20 tahun terakhir. yakni pada penampilan di Athena 2004 di mana Tim Indonesia mengirimkan 38 atlet dari 14 cabang olahraga.