Berita Olimpiade Indonesia
Tim Panahan Indonesia memulai langkah dengan meyakinkan
 23 Jul 2021
Penulis : Tim NOC
Indonesian Archers off to a good start - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Tokyo (23/7/2021) - Para pemanah Indonesia tampil cukup baik di hari pertama Olimpiade Tokyo 2020, sekaligus membuka langkah Indonesia di gelaran olahraga terakbar sedunia tersebut.

Pemanah putri, Diananda Choirunisa menjadi atlet pertama yang tampil di nomor tunggal putri. Sempat mengalami kesulitan membaca arah angin disertai anak panah yang sobek, Nisa menutup penampilannya dengan lebih meyakinkan dan akhirnya mencatatkan skor 631. Angka tersebut merupakan skor tertinggi bagi peraih medali perak Asian Games 2018 tersebut.

Menempati peringkat ke-40, Nisa selanjutnya akan berhadapan dengan pemanah asal Denmark, Maja Jager yang dijadwalkan pada Kamis (29/7) mendatang.

Sementara itu, tiga pemanah putra Indonesia juga tampil apik. Dari 64 peserta, tiga pemanah Indonesia yakni Riau Ega Agatha, Bagas Prastyadi, dan Arif Dwi Pangestu berhasil mengamankan posisi di  bagian separuh atas.

 

Ega yang sempat menempati posisi kelima setelah putaran kesembilan, Ega akhirnya menduduki peringkat ke-15 dengan torehan 666 angka. Sedangkan dua pemanah muda Tim Indonesia, Bagas dan Arif, menempati masing-masing posisi ke-26 dan ke-32. 

 

Ega, yang sebelumnya tampil di Olimpiade Rio 2016 mengakui dirinya cukup nyaman dengan format kompetisi di Olimpiade kali ini.

“Tidak ada masalah berarti karena ini format baru. Jadi kita harus berjuang melewati babak eliminasi. Jadi saat masuk babak utama dan mengejar medali kita tidak perlu melihat lawan lagi. Yang penting main bagus, lepas, dan semoga bisa memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Selanjutnya di nomor tunggal putra, ketiga pemanah Indonesia memasuki babak gugur. Dimana Arif akan bertemu pemanah Jerman, Florian Unruh. Sedangkan Bagas dan Ega akan bertemu pemanah asal Australia yakni Taylor Worth dan David Barnes.

Sabtu esok (24/7), Ega dan Nisa akan bertanding di nomor campuran dimana mereka akan menghadapi Tim Amerika Serikat yakni Brady Ellison dan Mackenzie Brown. Sedangkan untuk nomor tim putra, trio Arif, Bagas, dan Ega akan berhadapan dengan Tim Inggris Raya yang terdiri dari Tom Hall, Patrick Huston, dan James Woodgate pada Senin (26/7).