SEA Games
Timnas Basket Putra Optimis Raih Medali Perak
 12 Apr 2022
Penulis : Tim NOC
Men’s Basketball Ready To Secure Silver At Sea Games Vietnam - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Jakarta – Timnas Basket 5x5 Putra yakin mampu meraih medali perak pada gelaran SEA Games Vietnam 2021 pada bulan Mei mendatang.

Rasa optimis ini diungkapkan oleh Manajer Timnas Basket Putra Jeremy Imanuel disela-sela kunjungan Tim CdM SEA Games Vietnam ke lokasi latihan Timnas di GBK Arena, Jakarta pada Selasa (12/4).

Jeremy mengatakan bahwa dengan komposisi pemain yang ada, ia yakin medali perak bukanlah hal yang mustahil untuk diraih.

“Kenapa kita pede untuk meraih perak atau (masuk) final, karena kita satu-satunya tim yang memiliki pemain yang juga berkompetisi di NBA, yaitu Marques Bolden. Kebetulan dia baru datang kemarin (Senin) jadi butuh durasi juga untuk aklimasi tubuh dan besok (Rabu) baru mulai bergabung latihan,” ujar Jeremy.

Selain itu, kondisi pemain yang prima dan tanpa cedera juga membuat Jeremy yakin bahwa timnas basket Indonesia mampu meraih target medali tersebut.

“Sejauh ini kondisi tim kita pada posisi seratus persen fit dan sehat,” tambah Jeremy.

Berbicara mengenai peta kekuatan lawan, ada beberapa negara yang patut diwaspadai pada SEA Games mendatang menurutnya, yaitu Filipina, Thailand dan tim tuan rumah Vietnam.

Persiapan latihan yang dilakukan menuju SEA Games Vietnam ini berbarengan dengan bulan Ramadhan yang mana bagi para pemain yang umat  muslim juga harus menjalankan inadah puasa. Hal ini ternyata bukanlah sebuah hambatan bagi para pemain.

“Para pemain kita sudah belasan tahun bermain basket. Jadi bulan Ramadhan ini bagi mereka bukan suatu kendala, namun justru mereka senang karena latihan selama bulan Ramadhan bisa menjadi berkah bagi ibadah puasa mereka,” tutupnya.

Rasa optimis dari Jeremy tersebut juga diamini oleh kepala pelatih Milos Pejic. Walaupun pemain belum lengkap, namun program latihan yang dijalankan memperlihatkan progress yang baik dari para pemain.

“Saya sangat optimis terhadap para pemain kami. Tapi karena pemain yang ada belum lengkap, dan Marques (Bolden) baru bergabung besok, masih terlalu awal untuk berbicara mengenai hal lain. Tapi saya sangat yakin terhadap tim yang diisi banyak oleh pemain muda ini. Dan kami optimis untuk bisa meraih medali pada kompetisi ini,” ujarnya.

Timnas Basket Putra Indonesia akan mengirimkan 12 atlet dengan komposisi pemain dari berbagai umur. Selain beberapa pemain yang merupakan mereka-mereka yang sudah memiliki pengalaman, PB Perbasi juga memanggil pulang para pemain muda Indonesia yang berada di luar negeri untuk memperkuat tim basket Indonesia.

Timnas Basket Indonesia rencananya akan bertolak menuju Vietnam pada minggu kedua bulan Mei mendatang.