SEA Games
Triathlon diharapkan kembali menyumbang medali
 06 May 2022
Penulis : NOC Team
Triathlon expects to win medals again - Indonesia Olympic Commitee
Credit: -

Jakarta – Kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam 2021 kembali diberangkatkan pada pagi hari tadi (Jumat, 6/5) yang dilepas langsung oleh Deputi I CdM Kontingen Indonesia Arlan Perkasa Lukman dan Cluster Manager Patricia Cresida Mariska di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Rombongan ke-4 kontingen Indonesia yang diberangkatkan hari ini berjumlah 14 orang, yang terdiri dari cabang olahraga Duathlon dan Triathlon sebanyak 12 orang, cabang olahraga Rowing 1 orang, dan dari Wushu 1 orang.

Arlan mengatakan bahwa pemberangkatan dengan sistem batch ini sesuai dengan peraturan pemerintah, walaupun ada beberapa penyesuaian yang dilakukan.

“Proses pemberangkatan ini kita lakukan per batch karena sesuai dengan jadwal pertandingan, sesuai dengan arahan pemerintah bahwa keberangkatan itu adalah H-2 dan kepulangan H+1 dari jadwal pertandingan,” jelas Arlan.

“Tapi memang ada beberapa penyesuaian karena beberapa cabang olahraga memerlukan aklimatisasi lebih, dan ini yang kita akomodir di beberapa keberangkatan yang di depan,” tambahnya lagi.

Cabang Triathlon dan Duathlon juga diharapkan bisa kembali menyumbangkan medali pada SEA Games Vietnam ini, mengingat pada pelaksanaan SEA Games Filipina kedua cabor tersebut berhasil menyumbangkan 4 medali.

“Sebenarnya secara target kita tidak bicara mengenai itu (target), tapi Triathlon dan Duathlon itu merupakan penyumbang medali di SEA Games sebelumnya, dan harapan kita dengan proses aklimatisasi dan pelaksanaan pelatnas yang lebih baik tahun ini mereka bisa setidak-tidaknya mempertahankan Raihan (medali) di SEA Games sebelumnya,”

Selain Duathlon dan Triathlon, cabang olahraga lain yang sudah diberangkatkan lebih dulu adalah Sepakbola dan Kickboxing.

SEA Games Vietnam akan dibuka pada 12 Mei dan berlangsung hingga tanggal 23 Mei. Kontingen Indonesia yang didukung oleh official partners Wall’s dan Li-Ning berpartisipasi di 32 dari 40 cabang olahraga yang dipertandingkan.