SEA Games
Gapai Medali Emas, Tim Basket dapatkan sambutan meriah
 24 May 2022
Penulis : NOC Team
A Heroes' Welcome for Tim Indonesia Basketball - Indonesia Olympic Commitee
Credit: -

Tim Bola Basket Indonesia yang berlaga di ajang SEA Games ke-31 mendapat sambutan meriah setibanya di Tanah Air pada Selasa (24/5).

Berlaga di ajang bola basket putra, Derrick Michael dkk berhasil menciptakan sejarah dengan mengalahkan Filipina, yang sebelumnya merajai bola basket Asia Tenggara. Indonesia pun sukses meraih medali emas pertama di cabang olahraga Bola Basket.

Bersama dengan tim Bola Basket, atlet, pelatih, dan ofisial dari cabang olahraga lain juga kembali dari Vietnam, yakni Angkat Besi, Balap Sepeda, dan Judo.

Menyambut kedatangan kontingen Tim Indonesia di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, adalah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali dan Ketua National Olympic Committee Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari. Turut hadir juga Ketua Perbasi (Federasi Nasional olahraga Bola Basket) DKI Jakarta, Lexyndo Hakim.

Okto mengaku gembira dengan capaian Tim Bola Basket di SEA Games ke-31.

"Ini sejarah baru dari basket. Yang bisa menang lawan Filipina. Khusus untuk basket. Perasaannya, kayak nomor satu aja," ucap Okto.

Tak lupa ia berterima kasih atas perjuangan para atlet.

"Saya atas nama pribadi atau NOC berterima kasih atas perjuangan sehingga berhasil mengumandangkan lagu Indonesia Raya dan mengibarkan bendera Merah Putih di Vietnam," tambahnya lagi.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali mengapresiasi kerja keras para atlet, ofisial dan pelatih di SEA Games ke-31.

"Atas nama seluruh rakyat Indonesia dan pemerintah kami sampaikan terima kasih atas segala perjuangan kalian semua sehingga Indonesia ada di peringkat ketiga," ucap Amali.

Menurutnya, hasil yang dicapai Indonesia di SEA Games tidak lepas dari kerjasama dari semua pihak berkepentingan di olahraga.

"Artinya ini yang kami lakukan sekarang ada di trek yang benar. Nanti pengiriman multievent berikutnya kami gunakan cara-cara ini dengan acuan dari Desain Besar Olah Raga Nasional (DBON)," ucapnya lagi.

Kini, Tim Bola Basket akan menatap kejuaraan Piala FIBA Asia yang sekaligus menjadi kualifikasi Piala Dunia Basket yang berlangsung tahun mendatang.

"Ada FIBA Asia Cup dan kejuaraan dunia basket yang mesti kami ikuti. Tentu targetnya adalah meraih hasil maksimal di sana," ucap Andakara Prastawa, guard dari Tim Bola Basket Indonesia.