Sports Features
Ini yang harus kamu ketahui soal Olimpiade Tokyo 2020
 17 May 2021
Penulis : Tim NOC
A Beginner's Guide to Tokyo 2020 Olympics - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Apa yang terjadi dengan Olimpiade Tokyo 2020?
Pandemi COVID-19 yang melanda di awal tahun 2020 silam menyebabkan penundaan Olimpiade dan Paralimpiade selama setahun. Ini merupakan kali pertama pesta olahraga paling akbar tersebut harus ditunda karena alasan lain selain Perang Dunia.

Kapan kedua ajang tersebut akan dilaksanakan?
Olimpiade Tokyo 2020 akan digelar tahun ini pada tanggal 23 Juli sampai 8 Agustus. Sedangkan Paralimpiade akan berlangsung pada 24 Agustus hingga 5 September.

Dimana pertandingan akan dilaksanakan?
Ada lebih dari 30 arena pertandingan baik di Tokyo, maupun di berbagai daerah lain di Jepang. Setidaknya 33 arena berada di daerah Tokyo dan sekitarnya. Stadion Nasional Jepang dibangun di lokasi yang sama dengan Stadion Nasional lama. Setelah dirobohkan pada tahun 2015, konstruksi stadion baru dimulai pada tahun 2016 dan rampung pada November 2019. Stadion Nasional Jepang akan menjadi lokasi upacara pembukaan dan penutupan, atletik, serta final sepak bola putri.


Cincin Olimpiade di luar Stadion Nasional Tokyo, yang akan menjadi tuan rumah untuk upacara pembukaan, penutupan, atletik, dan final sepak bola putri (Clive Rose/Getty Images)

Apakah penonton diperbolehkan hadir di arena pertandingan?
Ya, namun hal ini masih tentatif. Panitia penyelenggara (panpel) Olimpiade Tokyo 2020 sudah memberi konfirmasi bahwa penonton dari luar negeri tidak diijinkan untuk datang ke Jepang dan menonton pertandingan. Panpel akan memutuskan apakah penonton lokal akan diperbolehkan menghadiri pertandingan secara langsung.

Pandemi COVID-19 masih terus berlangsung. Apakah aman untuk menyelenggarakan Olimpiade?
Ini merupakan perdebatan utama menjelang upacara pembukaan Olimpiade pada 23 Juli mendatang. Panpel dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah membuat serangkaian buku panduan (playbook) yang memberikan rincian prosedur dan tindakan preventif terhadap penyebaran COVID-19 selama Olimpiade berlangsung. Panduan ini ditujukan bagi semua pihak yang menghadiri Olimpiade, mulai dari sebelum keberangkatan dan selama di Jepang, hingga saat nanti bertolak pulang ke negara asal.
Tetapi, dengan tingkat vaksinasi COVID-19 yang relatif rendah di Jepang (hanya 2 persen dari populasi yang divaksinasi) serta penolakan masyarakat terhadap penyelenggaraan Olimpiade – 59 persen responden survei harian Yomiuri Shimbun minggu lalu menyatakan Olimpiade Tokyo seharusnya dibatalkan – keraguan pun timbul mengenai apakah Olimpiade akan berlangsung sesuai jadwal.

Apa komentar dari panpel dan IOC?
Ada berbagai pertimbangan, tetapi selaku panpel Tokyo 2020, pembatalan Olimpiade Tokyo bukan menjadi salah satu pertimbangan.
Seiko Hashimoto, Presiden, Panpel Olimpiade Tokyo 2020.

Tentu saja, [Olimpiade Tokyo 2020] akan berlangsung. Perdana Menteri Jepang menyatakan hal tersebut ke Presiden Amerika Serikat beberapa minggu lalu. Demikian juga kepada IOC.
John Coates, Ketua, Komisi Koordinasi Olimpiade Tokyo 2020.

Apakah Indonesia akan berpartisipasi?
Ya, Indonesia akan mengirimkan kontingen untuk berlaga di Olimpiade Tokyo 2020, sekaligus menjadi penampilan ke-16 Merah-Putih di ajang olahraga terakbar tersebut. Sebelumnya, Indonesia absen saat Tokyo terakhir menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 1964.


Lalu Muhammad Zohri, sprinter Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Tokyo (Jewel Samad/AFP)

Atlet dan cabang olahraga mana yang sudah lolos ke Olimpiade Tokyo 2020?

  • Lalu Muhammad Zohri menjadi atlet pertama yang mengamankan tiket ke Olimpiade. Sprinter berusia 20 tahun akan tampil untuk pertama kalinya di Olimpiade.
  • Vidya Rafika akan mewakili Merah Putih di ajang menembak. Ini adalah Olimpiade pertama bagi peraih dua medali emas SEA Games 2019 tersebut.
  • Indonesia akan mengirimkan masing-masing satu atlet putra dan putri untuk cabang olahraga panahan. Pada Olimpiade Seoul 1988, tim panahan putri menyumbangkan medali Olimpiade pertama bagi Indonesia, dengan torehan medali perak.
  • Eko Yuli Irawan (61 kg putra) dan Windy Cantika (49 kg putri) kemungkinan besar akan menjadi wakil Indonesia di cabang olahraga angkat besi. Eko Yuli tengah membidik rekor sebagai satu-satunya atlet Indonesia yang meraih medali di empat Olimpiade berbeda secara berturut-turut.
  • Bulutangkis, cabang olahraga tersukses Indonesia di Olimpiade, kemungkinan besar akan menurunkan setidaknya satu wakil di semua nomor:
    • Tunggal putra: Anthony Sinisuka Ginting dan Jonathan Christie;
    • Tunggal putri: Gregoria Mariska Tunjung;
    • Ganda putri: Greysia Polii dan Apriyani Rahayu;
    • Ganda putra: Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya;
    • Ganda campuran: Praveen Jordan dan Melati Daeva.

Di Olimpiade Rio 2016, Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad mempersembahkan medali emas teranyar Indonesia di nomor ganda campuran.

Apakah ada cabang olahraga baru di Olimpiade Tokyo 2020?
Ya, karate, selancar, panjat tebing, dan skateboard akan dipertandingkan untuk pertama kalinya di ajang Olimpiade. Bisbol dan sofbol kembali setelah terakhir dipertandingkan di Olimpiade Beijing 2008.

Dimana saya bisa menemukan jadwal pertandingan?
Jadwal lengkap Olimpiade dapat diakses di situs resmi Olimpiade Tokyo 2020. Waktu di Jepang lebih cepat dua jam dari waktu Indonesia bagian barat (WIB).