Berita Olimpiade Indonesia
Kunjungi Pelatnas, Teuku Arlan Perkasa Lukman Bangga Antusiasme Cabor Menuju SEA Games
 02 Apr 2022
Penulis : Tim NOC
Athletes' Enthusiasm makes the CdM Team proud - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Antusiasme tinggi ditunjukkan cabang olahraga (cabor) yang tengah menyiapkan diri menuju SEA Games 2021 Vietnam. Hal itu tampak jelas ketika tim Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia melakukan kunjungan ke tiga cabor, yakni renang, panahan, dan menembak pada Kamis (31/03).

Deputi I CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam Teuku Arlan Perkasa Lukman gembira dan bangga dengan antusias yang ditunjukkan atlet, pelatih, dan pengurus cabor. Sebagai informasi, Tim CdM langsung bergerak cepat memantau persiapan pelatnas sehari sejak komposisi diumumkan.

“Kunjungan yang menyenangkan karena antusias cabor, baik atlet, pelatih, dan pengurusnya sangat luar biasa. Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang mereka sampaikan kepada kami dan cabor memastikan mereka punya atlet dan siap tampil di SEA Games,” ujar Arlan yang juga menjabat sebagai Komite Eksekutif Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia).

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (PP Perbakin) Hendry Indrayani Oka mengatakan seluruh persiapan atlet-atletnya berjalan dengan baik. Ia optimistis menembak dapat memberi kontribusi medali bagi Merah Putih di multievent dua tahunan bergengsi ASEAN edisi ke-31 nanti.

“Kami sudah melihat peta kekuatan negara-negara lain saat menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia ISSF Grand Prix Rifle/Pistol, awal Februari karena Thailand, Singapura, dan Malaysia memang menurunkan atlet-atlet elitenya. Mungkin yang kami masih buta itu kekuatan tuan rumah karena saat turnamen, atlet Vietnam sedang training camp di Korea,” ujar Hendry Oka.

Sementara itu, penembak putri Indonesia Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba berjanji bakal berjuang mempertahankan medali emas di dua nomor yang didapatkannya di SEA Games 2019 Manila. Vika, sapaan karib Vidya, memboyong dua medali emas di nomor 10m air rifle putri dan 10m rifle campuran berssama Fatur Gustafian.

“Saya akan berjuang untuk bisa mempertahankan medali emas. Olimpiade 2020 Tokyo memberikan saya perubahan yang sangat besar, terutama saat bertanding. Dulu saya masih sering merasa cemas, tetapi sekarang sudah bisa lebih mengontrol diri saya di lapangan,” kata Vidya.

Tim CdM akan kembali melakukan kunjungan lanjutan ke tiga pelatnas pada Jumat (01/04). Tiga cabor yang akan dikunjungi adalah, triatlon, wushu, dan atletik.

Kontingen Indonesia berkekuatan 738 personil yang terdiri dari 476 atlet, 207 official, dan 55 headquarter. Indonesia berkompetisi pada 32 dari 40 cabang olahraga pada SEA Games Vietnam yang akan berlangsung 12-23 Mei mendatang.