Berita Olimpiade Indonesia
Pencak Silat yakini bisa lampaui target medali
 05 Apr 2022
Penulis : Tim NOC
Pencak Silat ready to go beyond the medal target - Indonesia Olympic Commitee
Credit: Tim NOC

Kunjungan persiapan SEA Games Hanoi 2021 terus dilakukan oleh Tim Chef de Mission (CdM) SEA Games 2021. Setelah sebelumnya mengunjungi pelatnas Ju-Jitsu, Deputi I Tim CdM, Arlan Perkasa Lukman lalu mengunjungi pelatnas Pencak Silat di Padepokan Silat Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Selasa (5/4). Dalam kunjungannya ini Arlan memantau kesiapan para atlet yang akan diberangkatkan.

Pada kesempatan tersebut, kepala pelatih pelatnas Pencak Silat, Indro Catur, mengatakan bahwa para atlet sudah siap bertanding.

"Menghadapi SEA Games ini kami sudah mulai persiapan dari tahun lalu, meskipun pada tahun 2022 ini juga kami melakukan seleknas lagi. Dari bulan Januari hingga sekarang kami menjalankan program yang sudah dibuat dan dijalankan," ujar Indro.

Selain terus meningkatkan intensitas latihan, berbagai program juga dijalankan seperti try-in yang dilakukan di empat kota besar yaitu Bali, Bandung, Solo dan Yogyakarta.

"Jadi kami telah melaksanakan program-program yang telah dibuat dan seluruh 21 atlet yang akan diberangkatkan menunjukkan progress yang baik," ujarnya lagi.

Mengenai target yang ditetapkan pemerintah, Indro optimis tercapai bahkan mungkin terlampaui.

"Melihat progress masing-masing atlet kami optimis target medali yang diberikan oleh pemerintah kepada kami insya allah bisa tercapai. Dan menurut kami, target yang diberikan pemerintah kepada kami cukup realistis," tambahnya lagi.

Sekjen IPSI, Teddy Suratmadji, turut mengamini rasa optimis Indro mengenai target medali yang diberikan.

"Target empat medali dari pemerintah cukup konservatif, dan masih realistis. Doakan kami untuk bukan hanya meraih target tersebut, tapi semoga terlampaui," tutupnya.

Sedangkan dari segi latihan, Puspa Arumsari, peraih medali emas SEA Games dan Asian Games mengatakan bahwa praktis tidak ada perubahan meski telah memasuki bulan Ramadhan.

"Kami tetap latihan seperti biasa, tidak berbeda antara bulan puasa atau tidak. Kami tetap latihan pagi dan sore hari," ujar Puspa yang sudah tiga kali mengikuti gelaran SEA Games tersebut.

Pencak Silat merupakan satu dari 32 cabang olahraga yang akan diikuti Indonesia di pentas olahraga terbesar se-Asia Tenggara tersebut. Indonesia recananya akan mengirimkan 476 atlet untuk turun di SEA Games Hanoi yang akan diselenggarakan pada 12 hingga 23 Mei mendatang.